Forum Treasury Harmonization, Ajang Kolaborasi, Pencapaian dan Inovasi DJPb dalam Bidang IT

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id,- Dalam 2 tahun terakhir, pandemi Covid-19 telah menyebabkan krisis multidimensi yang tidak hanya berdampak buruk pada sektor kesehatan namun juga terhadap perekonomian. APBN kita menghadapi tekanan dari sisi penerimaan maupun alokasi belanja pemerintah. Namun, pandemi ini justru menjadi katalisator yang “memaksa” kita untuk mengembangkan “new ways of working” agar seluruh layanan pemerintah tetap bisa berjalan secara optimal meskipun di tengah keterbatasan interaksi tatap muka secara langsung. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Perbendaharaan Hadiyanto dalam keynote speech pada acara Treasury Harmonization Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan (SITP), di Jakarta, Rabu (14/9).


Hadiyanto mengapresiasi jajaran Direktorat SITP yang selalu menjadi frontliners dalam menjadikan teknologi informasi sebagai enabler untuk simplifikasi proses bisnis dalam rangka modernisasi sistem keuangan negara. Hal ini terlihat dari berbagai inovasi yang dilahirkan oleh Direktorat SITP seperti integrasi SPAN-SAKTI, MPN Generasi ke-3, dan dukungan layanan helpdesk terintegrasi HAI DJPb, yang pada prinsipnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan APBN yang semakin handal.

“Sebagai unit in charge di bidang teknologi, saya sangat berharap Direktorat SITP mampu mengambil peran dan turut andil dalam penyempurnaan dan simplifikasi proses bisnis DJPb, sehingga keberadaan berbagai aplikasi yang dikembangkan tidak sekedar memenuhi kebutuhan existing yang bersifat short-term, tapi lebih dari itu, bisa memberikan forward-looking insights kepada direktorat lain tentang bagaimana teknologi dapat mendukung pelaksanaan kebijakan secara lebih efektif, efisien, dan impactful,” ungkap Hadiyanto.

Hadiyanto juga menyampaikan apresiasi atas berbagai inovasi dan prestasi yang sangat membanggakan yang telah dihasilkan oleh Direktorat SITP dalam setahun terakhir, antara lain, pertama, Aplikasi SAKTI yang memperoleh peringkat ketiga dalam kompetisi inovasi layanan Kementerian Keuangan Tahun 2021, kedua, Layanan contact center HAI DJPb yang memperoleh medali emas pada kompetisi Contact Center World tingkat Asia Pasifik tahun 2021 dan 2022, peringkat 8 pada kompetisi The Best Contact Center Indonesia tahun 2021, dan medali perak pada the SNI Award tahun 2021

Selain itu, menyikapi fenomena kebocoran data-data pribadi masyarakat dan pejabat publik belakangan ini, Hadiyanto menegaskan kembali agar Direktorat SITP dapat mendukung penguatan security awareness di lingkungan DJPb dan meningkatkan koordinasi dengan unit-unit terkait, seperti Pusintek, untuk mengevaluasi dan memastikan SOP untuk melindungi data-data dan informasi strategis di Ditjen Perbendaharaan berjalan dengan optimal.

Acara yang merupakan rangkaian kegiatan Information Technology Festival (IT Fest) Tahun 2022 ini diikuti oleh pejabat lingkup kantor pusat DJPb, kepala Pusintek dan perwakilan Ditjen Anggaran, serta pegawai lingkup Direktorat SITP. (BU/SW)

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search