BERITA

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id, - Sosialisasi perkembangan sistem keuangan negara dapat disampaikan dalam bentuk hiburan yang penuh makna. Hal ini diungkap oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam sambutannya pada akhir acara pementasan teatrikal “Hikayat Banda Ara” di Aula Dhanapala Kemenkeu, Jumat (9/11). Menurutnya, alternatif media sosialisasi kebijakan dan peran pemerintah secara alternatif seperti pentas seni semacam ini layak disambut baik.

Add a comment
Selengkapnya...

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id, - Direktorat Jenderal Perbendaharaan melalui Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP) menjalin kerja sama dengan International Labour Organization (ILO), organisasi buruh internasional di bawah naungan PBB, untuk melakukan pembinaan terhadap Koperasi Penyalur Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Pembinaan tersebut dilakukan melalui Pelatihan Making Microfinance Work (MMW) dan Start and Improve Your Business (SIYB) bertempat di Hotel Salak Heritage, Bogor (12-22/11). Sasaran kegiatan ini adalah peserta selevel Manajer dan Pendamping (Account Officer) Koperasi Linkage mitra PIP yang tersebar di wilayah Medan, Lampung, dan Tangerang.

Add a comment
Selengkapnya...

Jakarta, djpbn.kemenkeu.go.id - Pahlawan adalah sikap keberpihakan kita untuk terus setia berjuang untuk martabat Indonesia, itulah ladang perjuangan kita, di situlah kita mencurahkan jiwa raga, hati pikiran, dan darah keringat kita untuk kemuliaan dan kebesaran negara ini. Hal tersebut di sampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam pidatonya memperingati Hari Pahlawan di Gedung Dhanapala Jakarta, Senin (12/11).

Add a comment
Selengkapnya...

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id, - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan bahwa momentum pertumbuhan ekonomi di tahun 2018 ini harus dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Kita akan terus menjaga momentum perbaikan dari APBN ini dan instrumen APBN harus kita gunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Mengurangi kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan menyiapkan generasi muda untuk menghadapi perkembangan teknologi,” sebutnya dalam Rapimnas II DJPb 2018 di Gedung Dhanapala, Jakarta Pusat, Jumat (09/11).

Add a comment
Selengkapnya...

Aceh, djpbn.kemenkeu.go.id, - ”Kita perlu membuka baju kelembagaan kita. Kita perlu bersinergi, bekerja sama untuk kesejahteraan, kemajuan, dan kemakmuran Aceh yang kita cintai ini,” ungkap Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah melalui arahannya dalam Rakor Kanwil DJPb Provinsi Aceh dengan Forpimda Provinsi Aceh di ruang rapat Percepatan dan Pengendalian Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (P2K APBA), Senin (12/11).

Add a comment
Selengkapnya...

Serang, djpbn.kemenkeu.go.id, - “Seminar ini ditujukan untuk memberikan pemahaman yang makin jelas tentang akuntabilitas pengelola keuangan negara dalam perspektif yang benar yaitu dalam persfektif Hukum Keuangan Negara dan penyelesaian tindak pidana korupsi,” demikian disampaikan Direktur Sistem Perbendaharaan Sudarso dalam kegiatan Seminar Hukum Keuangan Negara yang diselenggarakan Direktorat Sistem Perbendaharaan Rabu (31/10) di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten.

Add a comment
Selengkapnya...

Sabang, djpbn.kemenkeu.go.id, - ”Kemenkeu Mengajar memang program yang dibuat untuk memperkenalkan tugas-tugas Kementerian Keuangan sejak dini. Tapi kita semua para relawan yang berasal dari seluruh unit, yang secara sukarela mengorbankan waktu dan biaya, juga harus mampu menginspirasi mereka. Membangkitkan semangat dan optimisme mereka untuk terus menggapai cita-cita,” demikian arahan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh Zaid Burhan Ibrahim saat briefing relawan di KPPBC Tipe Madya Pabean C Sabang.

Add a comment
Selengkapnya...

Tanjung Pandan, djpbn.kemenkeu.go.id, - Penyerapan Dana Desa menjadi topik menarik dalam talk show Yuk Ngopi Luk yang digelar TVRI Bangka Belitung (Babel) pada Rabu (3/10) di Kedai Kopi RM Timpo Duluk Belitung. Diskusi Dana Desa dikemas santai dengan narasumber Kepala KPPN Tanjung Pandan, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Kabupaten Belitung, serta Kepala BPKP Perwakilan Babel, dengan peserta para kades dan Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Belitung.

            Para kades sempat mengeluhkan pelaksanaan dana desa yang harus dikerjakan secara swakelola dengan sistem padat karya tunai. Pada desa dengan tingkat pengangguran rendah, para kades kesulitan mencari warga desa yang mau bekerja dengan sistem padat karya tunai karena upah yang akan diperoleh lebih rendah jika dibandingkan dengan penghasilan yang mereka terima selama ini.

Add a comment
Selengkapnya...

“Apa itu Spending Review?”
“Apa yang direviu atau dianalisis?”
“Apa bedanya dengan Public Expenditure Review yang diterbitkan Bank Dunia?”

Mungkin itu pertanyaan-pertanyaan yang menunjukan rasa penasaran itu terbesit saat pertama kali mendengar Spending Review yang disusun dan diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Add a comment
Selengkapnya...

Salah satu bentuk sosialisasi reformasi birokrasi dan implementasi manajemen kinerja di Kementerian Keuangan adalah melalui Buletin Kinerja, yang saat ini telah terbit sampai dengan edisi XVII tahun 2013.

Add a comment
Selengkapnya...

A. Pendahuluan.
Kas adalah elemen kunci dalam penentuan kebijakan operasional dalam pemerintahan. Praktik manajemen kas yang buruk tidak saja dapat menyebabkan pemborosan namun juga menghambat pertumbuhan pasar keuangan suatu negara dan dapat mengurangi efektifitas dari kebijakan moneter.

Add a comment
Selengkapnya...

Penerapan prosedur perencanaan kas dalam rangkaian prosedur pelaksanaan anggaran dilakukan untuk melakukan perbaikan proses pengambilan keputusan pada otoritas kuasa BUN. Perencanaan Kas merupakan suatu usaha untuk melakukan sebuah pengelolaan Kas yang baik.

Add a comment
Selengkapnya...

Meningkatkan qualitas pelayanan, KPPN Makassar I mengadakan Grand Launching produk inovatifnya berupa  Layanan Optima  Mitra Prima, Senin (9/5), di Makasar.Layanan Optima Mitra Prima adalah sebentuk apresiasi KPPN Makassar I  kepada para stakeholder yang berada dalam wilayah kerjanya, yang terbukti mampu menjawab tantangan untuk merealisasikan pencairan dananya dengan cepat, tepat dan efisien.

Add a comment
Selengkapnya...

Jakarta, perbendaharaan.go.id –Tidak dapat dipungkiri bahwa di tengah banyaknya indikator keberhasilan Kementerian Keuangan menjaga konsistensi perjalanan reformasi birokrasinya, masih ada beberapa hal yang menjadi sorotan masyarakat, antara lain mengenai penyerapan anggaran yang ditengarai masih terkesan lambat.

Add a comment
Selengkapnya...

Dalam beberapa kesempatan Direktur Jenderal Perbendaharaan berharap bahwa beberapa Kanwil Ditjen Perbendaharaan dapat menjadi etalase perbendaharaan Indonesia, sehingga dapat menjadi model yang  mengakomodir seluruh Kanwil dan KPPN di Indonesia.

Add a comment
Selengkapnya...

Dalam penyampaian laporan hasil pemeriksaan BPK RI atas LKPP 2009 kepada DPR-RI di Gedung DPR-RI, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan opini yang diberikan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2009 (audited) adalah Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Add a comment
Selengkapnya...