Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Entry Meeting Pemeriksaan BPK RI, Validitas Keuangan Negara Diharapkan Meningkat oleh Implementasi SAKTI

Untuk menjaga kualitas penyusunan LKPP, Kementerian Keuangan senantiasa menjaga koordinasi secara internal antarunit maupun secara eksternal dengan Kementerian Negara/Lembaga lain, juga tentu dengan BPK selaku auditor pemerintah. Hal ini disampaikan Dirjen Perbendaharaan, Hadiyanto, dalam Entry Meeting Pemeriksaan BPK RI Semester II 2022 pada Kemenkeu dan Instansi Terkait Lainnya, di Gedung Jusuf Anwar, Jakarta, Kamis (18/8).



“Salah satu langkah besar pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBN yaitu melalui implementasi aplikasi SAKTI Full Modul pada seluruh satuan kerja di Kementerian Negara/lembaga. Melalui implementasi SAKTI, diharapkan integritas dan validitas data keuangan negara akan makin terjaga,” tutur Hadiyanto.

Sejak tahun 2022, SAKTI telah digunakan untuk seluruh rangkaian siklus APBN mulai dari proses penganggaran, pelaksanaan, hingga pertanggungjawaban APBN pada Kementerian Negara/Lembaga.

“Aplikasi SAKTI menjadi sangat krusial dalam proses pemeriksaan LKPP. Kementerian Keuangan, selaku pemerintah, terbuka untuk menerima masukan konstruktif dari BPK, selaku auditor eksternal, maupun dari seluruh stakeholders untuk penyempurnaan sistem dan kebijakan pemerintah, termasuk mengenai aplikasi SAKTI untuk mewujudkan pertanggungjawaban APBN yang makin baik,” tambah Hadiyanto.

Auditor Utama Keuangan Negara II BPK RI, Nelson Ambarita, menjelaskan pemeriksaan yang akan dilakukan oleh BPK meliputi empat hal yaitu Pemeriksaan Pendahuluan Kinerja, Pemeriksaan Pendahuluan dengan Tujuan Tertentu atas Pengelolaan Utang dan atas Pengelolaan Aset, serta Pemeriksaan Interim atas LKPP 2022.

“Di antara sasaran Pemeriksaan Interim adalah Implementasi SAKTI secara penuh,” ungkap Nelson.

Acara tersebut dihadiri oleh para pejabat Eselon I dari Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian ESDM, serta tim pemeriksa BPK. [DR/DK]

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search