Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Menkeu: APBN Harus Benar-Benar Berdampak terhadap Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan apresiasinya kepada DJPb yang dalam waktu 18 tahun usianya tetap melakukan reformasi dan improvement meski di tengah berbagai guncangan, bahkan mampu berinovasi. Bukan hanya berprestasi, melainkan juga terus memperbaiki kualitas pengelolaan keuangan negara, salah satunya melalui pemanfaatan teknologi digital sebagai prime mover.



"Tugas kita tidak hanya menghitung jumlah uang masuk, berapa yang ada di kas, dan berapa jumlah keluar. Namun, DJPb melalui ALCo juga menjadi manajer keuangan negara yang concern mengenai dampak operasi keuangan negara terhadap perekonomian. Lacak apakah fungsi APBN untuk alokasi, distribusi, dan stabilisasi sudah berjalan. Itulah sebenarnya esensi dari fungsi Treasury. Operasi keuangan negara harus bisa sampai pada ujungnya, diketahui bagaimana dampaknya terhadap pembangunan dan perekonomian, kesejahteraan rakyat, penurunan kemiskinan, dan kesempatan kerja," jelas Menkeu dalam arahannya pada rangkaian kegiatan Rapimnas DJPb di Jakarta, Rabu (26/10).

Belanja Negara perlu terus diakselerasi guna mendukung peran APBN bagi perlindungan masyarakat. Akselerasi belanja negara yang berkualitas perlu terus didorong sehingga dapat memberikan dampak secara optimal bagi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

"Secara profesional kita harus bertanggung jawab bagaimana keuangan negara dan instrumen fiskal bisa mencapai sampai milestone terakhir yaitu mencapai tujuan pembangunan, memperbaiki kinerja ekonomi, memperbaiki kesejahteraan rakyat, dan mewujudkan pemerataan. Di daerah, Kementerian Keuangan memiliki instansi vertikal yang cukup banyak. Apakah keberadaan instansi vertikal ini telah memberikan impact yang maksimum? Kita tetap harus menjaga semangat karena meskipun begitu banyak prestasi dan inovasi yang telah dibuat, kita masih belum mencapai cita-cita agar keuangan negara betul-betul bekerja berfungsi secara amanah sekaligus tetap sustainable, akuntabel, berintegritas, dan dipercaya," pesan Menkeu.

Dalam laporannya, Direktur Jenderal Perbendaharaan Hadiyanto menerangkan bahwa DJPb sebagai suatu organisasi yang cukup mature terus berkembang sesuai dengan dinamika, juga beradaptasi dalam merespons tuntutan stakeholders maupun dampak disrupsi teknologi informasi.


"Kami terus melakukan transformasi dari waktu ke waktu dengan melakukan penyesuaian komposisi SDM dan meningkatkan skill set yang dibutuhkan dengan kondisi saat ini. Desain future smart office menjadi bagian dari transformasi organisasi dari tradisional treasurer menjadi modern treasurer yang mengandalkan digitalisasi dalam pemberian layanan kepada mitra kerja serta berfokus pada data analytics sebagai dasar policy formulation dan policy recommendation. DJPb senantiasa mendukung visi misi Kementerian Keuangan dalam mengimplementasikan budaya kerja melalui penguatan values DJPb HAnDAL yang terus makin terintegrasi dengan Kemenkeu Satu," tegasnya.

Rangkaian kegiatan Rapimnas DJPb dilaksanakan pada tanggal 25 s.d. 28 Oktober 2022 dengan sejumlah kegiatan maupun side events, di antaranya Trustsury Festival, Treasury Expo of Technology (TxT), Integrated Treasury Forum, dan Collecting Agents Performance Award. Rapimnas dihadiri oleh Wakil Menteri Keuangan, para pimpinan unit eselon I Kementerian Keuangan, para Staf Ahli dan Staf Khusus, para pejabat eselon II kantor pusat maupun vertikal DJPb dan Kepala KPPN secara langsung, serta diikuti pula oleh para pejabat eselon III kantor vertikal DJPb lainnya secara daring. [LRN/MBU]

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)