Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Penetapan 4 Satker Kemenhub Menjadi BLU untuk Tingkatkan Kualitas Layanan

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Keuangan yang telah menetapkan empat satuan kerja (satker) Kementerian Perhubungan menjadi Badan Layanan Umum (BLU) dalam kegiatan Penyerahan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 392/KMK.05/2022 dan Nomor 409/KMK.05/2022 tentang Penetapan 4 (Empat) Satuan Kerja pada Kementerian Perhubungan sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (27/10).



“Kami tidak akan cepat berpuas diri, karena hal ini justru menjadi acuan untuk kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Kami akan terus mengevaluasi dan meningkatkan kualitas kinerja pengelolaan BLU. Semoga tahun depan akan bertambah lagi satker pada Kemenhub yang bisa menjadi BLU. Tolong diingat bahwa tujuan kita menjadi BLU bukan hanya tentang remunerasi, melainkan peningkatan kualitas dan pelayanan kinerja satker menjadi tujuan yang utama,” ungkap Menteri Perhubungan.

Sementara itu Direktur Jenderal Perbendaharaan Hadiyanto dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk dapat meningkatkan kualitas layanan yang berkesinambungan, satker BLU harus mampu melakukan transformasi menuju entrepreneur mindset yang berorientasi dan mengelola satker ala korporasi.

“Penting untuk satker BLU dapat bekerja secara efisien dan memiliki kemampuan untuk selalu melihat peluang dalam pengembangan kualitas layanan yang lebih baik. Saya harap optimalisasi saldo kas BLU Kementerian Perhubungan yang hampir mencapai Rp1 triliun dapat dimanfaatkan untuk pengembangan layanan seperti pembangunan fasilitas layanan BLU misalnya ruang kelas, laboratorium, pengadaan simulator, atau pengembangan SDM seperti pemberian beasiswa untuk masyarakat tidak mampu serta peningkatan kualitas dosen dan instruktur. Yang tidak kalah penting, saya juga berpesan agar seluruh satker BLU di lingkungan Kementerian Perhubungan dapat membangun sistem untuk penguatan pengendalian internal. Peran Dewan Pengawas harus benar-benar dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas kinerja layanan dan pengelolaan keuangan BLU,” tegas Dirjen Perbendaharaan dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh jajaran Eselon I dan II Kementerian Perhubungan serta Direktur Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum DJPb ini.

Dirjen Perbendaharaan menambahkan bahwa Kementerian Keuangan akan terus melakukan pembinaan pengelolaan keuangan BLU untuk memastikan bahwa pengelolaan keuangan pada satker BLU telah dilaksanakan secara prudent dan akuntabel sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Selain pembinaan pengelolaan keuangan oleh Kementerian Keuangan, yang tidak kalah penting ialah pembinaan dari sisi teknis oleh Kementerian Perhubungan untuk memastikan teknis layanan oleh BLU dapat terselenggara dengan baik dari sisi tata kelola, kinerja layanan, juga pemanfaatan aset. Agar kinerja BLU terus terjaga dan berkesinambungan, kolaborasi antara Pembina Keuangan dan Pembina Teknis sangatlah penting. Kami berharap adanya harmonisasi kebijakan sektoral pada Kementerian Negara/Lembaga (K/L) dengan kebijakan terkait pengelolaan BLU. Pembina Keuangan dan Pembina Teknis juga terus bersinergi dalam menetapkan target BLU agar sejalan dengan program-program pemerintah, misalnya pada BLU pendidikan maka target yang ditetapkan antara lain daya serap lulusan yang link and match dengan industri,” tutup Dirjen Perbendaharaan. [FIS]

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)