Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Kemenkeu Rangkul Komunitas Muda untuk Dukung Terwujudnya Visi Indonesia Maju 2045

Cita-cita untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045 tetap optimistis dengan dukungan APBN meski di tengah tantangan kondisi ekonomi global yang makin dinamis. Generasi yang saat ini berusia muda akan berada pada puncak usia produktif pada tahun 2045 dan berperan penting dalam mewujudkan Indonesia Emas.

APBN terus mendukung terwujudnya SDM berkualitas, meningkatkan produktivitas tenaga kerja, dan mempromosikan gaya hidup sehat. Alokasi mandatori 20% Dana Pendidikan dan 5% Dana Kesehatan pada #UangKita atau APBN harus dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Hasilnya, selama tahun 2010 s.d. 2022, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia mencatat rata-rata pertumbuhan per tahun sebesar 0,77 persen. Tahun depan, dukungan APBN untuk bidang pendidikan demi mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing masih berada pada posisi tertinggi dari bidang lain yaitu sebesar Rp612,2 triliun.

Pemerintah terus mengupayakan kebijakan dan regulasi yang mencakup multiaspek di bidang ekonomi, industri, sosial ketenagakerjaan, lingkungan, dan perdagangan yang mendukung Visi Indonesia 2045. Selain itu, menjadi penting untuk menjalin kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan Visi Indonesia 2045, terutama bagi para generasi muda.

Kemenkeu mewadahi kolaborasi peran pemerintah dan para pemuda dalam mewujudkan Visi Indonesia 2045 dengan Komunitas #UangKita (Komunita) dan kegiatan tahunan Ministry of Finance Festival (MOFEST) 2022.

“Negara ini adalah negara kalian. Kalian lahir dibesarkan menjadi Bangsa Indonesia. Ke mana kita mau pergi, seberapa cepat kita mencapai tujuan, bagaimana kita mencapai tujuan, it is your business, bukan business orang lain. It's you, it is in your hand. Kerja keras, kuasai knowledge, perbaiki karakter, pursue your career, pursue your goal. Itu kalau dijumlahkan menjadi energi yang besar sekali untuk mencapai Indonesia Tahun 2045 seperti yang kalian impikan. Jangan pernah lelah mencintai Indonesia dan terus berbuat baik every day of your life," pesan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam acara puncak MOFEST 2022 di Aula Dhanapala Kementerian Keuangan, Kamis (01/12).

Menkeu mengharapkan Komunita dapat menjadi wadah bagi para generasi produktif yang memahami kebijakan pengelolaan #UangKita dan berperan sebagai penggerak perubahan menuju masa depan Indonesia Maju 2045. Kemenkeu pun akan terus melakukan berbagai kegiatan untuk mendorong para generasi muda yang telah bergabung dalam Komunita agar kelak benar-benar mampu memberikan kontribusi positif untuk membangun dan mewujudkan cita-cita Indonesia Maju. [LRN]

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search