Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

PIP Terus Berinovasi untuk Tingkatkan Manfaat Pembiayaan UMi

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id. Pemerintah terus menggunakan instrumen keuangan negara yaitu APBN untuk menjaga dari berbagai tantangan baik di bidang kesehatan, sosial, sampai dengan perekonomian. Dana-dana yang dikelola pemerintah harus benar-benar menghasilkan kesejahteraan rakyat di level akar rumput. Namun, masih banyak yang diperlukan oleh masyarakat sehingga pemerintah harus lebih giat dan kreatif dalam menjalankan berbagai program dan menggunakan sumber pendanaan. Termasuk dalam membantu pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Peran pendamping sangat penting karena pelaku UMKM melakukan kegiatan ekonominya untuk survive, sehingga kadang dari sisi visi, experience, dan pemahaman untuk pengembangan masih sangat terbatas. Oleh karena itu saya senang Pusat Investasi Pemerintah (PIP) melakukan pendekatan yang lebih sistematik dalam melakukan pendampingan dalam program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi), termasuk pengembangan modul pendampingan yang terstandar. Perlu juga dilakukan kerja sama dengan Bank Himbara sehingga UMKM yang sudah graduated dari UMi bisa masuk ke program Kredit Usaha Rakyat (KUR) karena bankability-nya sudah makin baik. UMKM yang masih dibina juga harus terus dilihat kemajuannya," pesan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Festival UMi yang diselenggarakan oleh Badan Layanan Umum (BLU) PIP di Jakarta, Kamis (15/12).

Dukungan untuk UMKM juga dijalankan oleh Ditjen Perbendaharaan (DJPb) yang sekaligus bertindak sebagai unit pembina BLU PIP.

"Tahun ini DJPb meluncurkan program UMKM Financing Empowerment (U-Fine) yang dilaksanakan oleh Kanwil DJPb bekerja sama dengan pemangku kepentingan di daerah. Dengan program ini diharapkan makin banyak pelaku usaha yang dapat menikmati fasilitas pembiayaan kredit program pemerintah, memperoleh pendampingan dalam pengelolaannya, serta memperoleh dukungan pemasaran melalui lelang online, dukungan administrasi perpajakan, dan akses pembiayaan ekspor melalui unit eselon I terkait di Kementerian Keuangan. Diharapkan kehadiran pemerintah untuk memberikan peluang UMKM tumbuh dan memberikan kontribusi yang lebih besar pada perekonomian dapat terus ditingkatkan," sebut Dirjen Perbendaharaan Astera Primanto Bhakti.

"Tema Festival UMi tahun ini adalah UMi Tangguh UMKM Bertumbuh. Tema ini relevan dengan situasi dan kondisi terkini yang dihadapi pelaku usaha Ultra Mikro yang merupakan jumlah terbesar dalam piramida UMKM Indonesia. Pembiayaan UMi kepada para pelaku usaha sejak tahun 2017 sampai dengan tahun ini telah disalurkan kepada lebih dari 6,9 juta penerima dengan nilai penyaluran mencapai lebih dari Rp24 triliun melalui 60 mitra penyalur. Namun, kami menyadari bahwa membantu UMKM tidak cukup dengan pembiayaan saja. Perlu dilakukan upaya lain, sehingga PIP sesuai arahan Ibu Menteri Keuangan telah melakukan sejumlah inovasi untuk meningkatkan impact program kepada masyarakat," jelas Direktur Utama PIP Ririn Kadariyah.

Dalam festival ini juga digelar pameran produk-produk dari debitur Pembiayaan UMi. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Direktur Astra International, pimpinan lembaga penyalur Pembiayaan UMi, Dewan pengawas BLU PIP, jajaran pimpinan Kementerian Keuangan, perwakilan dari Kementerian Negara/Lembaga mitra strategis penyaluran UMi yaitu Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pertanian, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, PT PII, PT SMI, BI, OJK, Yayasan Dharma Bakti Astra, UKM Center Universitas Indonesia, UN Women, Women's World Banking, Oorange Universitas Padjadjaran, serta para perwakilan dari debitur UMi. [LRN/ANW]

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)