Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Ingin Tingkatkan Kualitas Pelaporan Keuangan Pemerintah, Vietnam State Treasury Belajar dari DJPb

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id. Vietnam State Treasury (VST) melakukan kunjungan ke DJPb sebagai upaya meningkatkan kualitas pelaporan keuangan pemerintah sesuai dengan best practice internasional. Delegasi VST terdiri atas 8 orang yang dipimpin oleh Director of State Accounting Department, Ms. Nguyen Thi Hoai serta didampingi oleh Director of Information Technology Department, Mr. Bui The Phuong dan Deputy Director of Expenditure Department, Nguyen The Anh.

 

 

Pagi ini, Rabu (11/01), delegasi VST melakukan courtesy meeting dengan Dirjen Perbendaharaan Astera Primanto Bhakti yang didampingi oleh Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Direktur Pengelolaan Kas Negara, Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan, serta Direktur Sistem Perbendaharaan. Dirjen Perbendaharaan menerangkan fungsi APBN terutama di masa pandemi dan juga pentingnya melakukan kerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan sehingga mempunyai perspektif yang sama untuk APBN. Disiplin yang baik juga diperlukan dalam pengelolaan APBN agar dapat menjalankan peran dalam stabilisasi perekonomian. Sebagai penutup, Dirjen Perbendaharaan menyampaikan apresiasi terhadap kunjungan delegasi VST dan menegaskan pentingnya berbagi pengalaman antarnegara. Diharapkan, pertemuan ini dapat menggali potensi kerja sama lanjutan bersama Indonesia Treasury (InTress) terkait public finance management dan bidang perbendaharaan lainnya.

 

Pada kesempatan yang sama, pimpinan delegasi VST mengungkapkan terima kasih kepada DJPb yang sebagai Indonesia Treasury sudah maju dalam metode COA dan sistem teknologi informasinya. Menurutnya, sharing session dengan Direktorat Sistem Perbendaharaan, Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, dan Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan sangat bermanfaat untuk VST.

 

Sehari sebelumnya, Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan berbagi pengalaman dan berdiskusi dengan delegasi VST mengenai Chart of Accounts (COA) atau Bagan Akun Standar yang merupakan daftar kodifikasi dan klasifikasi terkait transaksi keuangan, serta penyusunan Whole of Government Financial Statement sebagai konsolidasi laporan fiskal dan statistik pemerintah di level pusat maupun daerah. Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan turut membagikan pengalamannya terkait penggunaan teknologi informasi dalam penerapan COA. Adapun pendalaman lebih lanjut terkait hal-hal baru yang belum ada di Vietnam akan dipelajari lebih lanjut oleh Tim VST. [LRN/HDH]

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search