Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Menkeu: BLU Harus Mampu Ciptakan Kepuasan Layanan Publik

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id, Tiga tahun pandemi memberikan dampak yang dahsyat di bidang kesehatan, ekonomi, dan sosial. Setiap negara berupaya pulih dengan kebijakan yang berbeda-beda. Indonesia berhasil menjadi salah satu negara yang pertumbuhan ekonominya tertinggi di G20 maupun ASEAN, dan ini tidak mungkin terjadi tanpa  kontribusi dari BLU. Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Koordinasi Badan Layanan Umum (Rakor BLU) Tahun 2023 di Aula Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (02/03).

 

Ekonomi Indonesia yang tumbuh solid pada tahun 2022 turut ditopang oleh kinerja positif BLU. Peran strategis BLU berfokus terhadap pembangunan yang inklusif melalui pembiayaan dan fasilitasi UMKM, kebijakan keberpihakan kepada masyarakat terpinggirkan dan rentan, juga membangun konektivitas dan infrastruktur sampai ke pelosok negeri. BLU menjadi katalisator perekonomian sekaligus menghadirkan layanan publik yang prima kepada masyarakat secara inklusif, affordable, dan sustainable, serta akuntabel dan antisipatif terhadap ketidakpastian.

"BLU RS berada di lini terdepan saat pandemi, bekerja keras didukung belanja kesehatan dari APBN. Kita juga menjaga momentum pemulihan ekonomi untuk meneruskan perjalanan menuju Indonesia Emas 2045 di mana salah satu faktor terpenting adalah kualitas SDM. Di sini BLU pendidikan tetap menjalankan tugas di tengah perubahan yang luar biasa. Pandemi juga mendorong inovasi baru seperti digitalisasi layanan, yang tetap perlu diikuti dengan kewaspadaan akan efektivitas dan kualitasnya," ungkap Menkeu dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Menteri Kesehatan, Menteri Koperasi dan UKM, para pimpinan dari K/L pembina teknis BLU, pemimpin BLU, Dewan Pengawas BLU, serta pejabat Kementerian Keuangan ini.

Menkeu menjelaskan bahwa BLU dibentuk untuk melayani masyarakat, sekaligus membangun corporate governance dan corporate culture. BLU boleh menerima pendapatan atas layanan yang diberikan, tetapi jangan sampai terjadi komersialisasi yang menghalangi kemampuan masyarakat untuk menjangkau layanan yang penting seperti pendidikan dan kesehatan.

"BLU juga harus mengelola aset dengan baik. 264 BLU memiliki Rp1.170 triliun aset, ini masih bisa dimaksimalkan lagi secara kreatif dan inovatif dengan tetap memperhatikan rambu-rambunya. Presiden RI pun berpesan bahwa prioritas kita adalah menurunkan kemiskinan ekstrem dan stunting. BLU punya peranan penting di sini karena ada kaitannya dengan kualitas SDM. Lalu BLU yang well performed dapat menarik perhatian investor untuk bekerja sama. Investasi ini perlu didorong untuk meningkatkan kesempatan kerja yang berkualitas dan kesejahteraan masyarakat," tambah Menkeu.

Secara keseluruhan, Menkeu berharap BLU terus meningkatkan kinerja agar dapat berkembang dan maju. 

"Terus perbaiki BLU, buat masyarakat ikut bangga bahwa Indonesia punya the best services agency yang 100% dimiliki government tetapi act seperti totally professional yang mampu menciptakan kepuasan layanan publik melebihi korporasi atau unit komersial swasta lainnya. Itu adalah bentuk keberhasilan kita dalam mengelola BLU," pesan Menkeu.

Adapun Dirjen Perbendaharaan Astera Primanto Bhakti dalam laporannya menerangkan bahwa tema Rakor BLU Tahun 2023 adalah BLU Inklusif Indonesia Optimis, untuk menegaskan kehadiran BLU dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat agar meningkatkan optimisme akan pemulihan ekonomi Indonesia.

"Rakor BLU 2023 adalah forum konsolidasi kebijakan strategis pengembangan layanan BLU, sinergi arah kebijakan di bidang teknis layanan dan pengelolaan keuangan BLU, juga untuk mendorong engagement dan awareness masyarakat terhadap layanan BLU melalui BLU Fair, serta menguatkan mandat dari Pembina Teknis dan Pembina Keuangan BLU melalui penandatanganan kontrak kinerja," tutur Dirjen Perbendaharaan.

Dalam rangkaian kegiatan Rakor BLU Tahun 2023 dilakukan pula penandatanganan Key Performance Indicator (KPI) Pemimpin BLU serta penyerahan BLU Awards dan penghargaan kepada Pembina Teknis Terbaik. Untuk masyarakat umum, digelar BLU Fair di Taman Lapangan Banteng yang menyajikan berbagai kegiatan menarik dari BLU serta bazar UMKM pada tanggal 2 s.d. 3 Maret 2023. [LRN/HDH]

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)