Penganugerahan KPPN Award itu dilakukan di Auditorium Gedung Keuangan Negara (GKN) Lantai VI-Kupang, Rabu (12 Maret 2008) sekitar pukul 16.00 WITA. Acara yang diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan (KPPN) Kupang ini, dihadiri Pemimpin Bank Indonesia (BI) Kupang, Putra Nusantara Stefanus, seluruh kepala cabang bank di Kupang sertapara mitra dan undangan lainnya.
Dalam acara yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini ditampilkan Band KPPN Kupang yang beranggotakan pegawai KPPN Kupang dan tari tarian oleh sanggar tari binaan Diknas propinsi NTT.
Kepala KPPN Kupang, Drs. Patiaman Simatupang MM mengatakan, enam lembaga yang terpilih mendapatkan KPPN Award 2007 itu merupakan institusi terbaik berdasarkan kategori yang ditetapkan KPPN Kupang.
Penetapan institusi perbankan dan pos persepsi terbaik itu, lanjut Patiaman, berdasarkan sejumlah form penilaian yang disiapkan. Form-form penilaian itu mengacu pada tiga kategori utama.
Pertama, bank atau pos persepsi dengan transaksi penerimaan terbesar. Kedua, bank atau pos persepsi yang melakukan penatausahaan dan memberikan laporan terbaik. Ketiga, bank atau pos persepsi yang memberikan layanan terbaik kepada para wajib setor selama tahun 2007.
KPPN Award 2007 ini sebagai bagian dari upaya kami memotivasi lembaga-lembaga perbankan dan mitra kerja KPPN Kupang untuk meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak. Ini merupakan salah satu kiat memacu kinerja lembaga-lembaga itu, ujar Patiaman.
Ditemui seusai acara pemberian anugerah itu, Patiaman mengatakan, KPPN Award 2007 merupakan pengejawantahan dari imbauan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani kepada seluruh jajaran departemen keuangan (Depkeu) di daerah agar memacu kinerja mitra kerjanya dalam menghimpun pajak dari para wajib pajak untuk disetor kepada negara.
Dari penilaian yang telah dilakukan, lanjut dia, terpilihlah beberapa lembaga yang mendapat anugerah tersebut. Untuk kategori bank atau pos persepsi dengan transaksi terbesar, diraih oleh PT Pos Indonesia (Persero) Kupang. Di tempat kedua, Bank NTT Cabang Utama Kupang, dan posisi ketiga BNI 46 cabang Kupang. Penyerahan KPPN Award untuk kategori ini dilakukan oleh Kepala KPPN Kupang, Drs. Patiaman Simatupang MM.
Bank atau pos persepsi dengan layanan terbaik, jatuh pada Bank Mandiri Cabang Urip Sumohardjo-Kupang. Penghargaan ini diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) XXII Ditjen Perbendaharaan Kupang Drs. Teddy Rukmantara, Msoc.Sc. (kro)