- Regional
- Dilihat: 3759
Harmonisasi Antara Keinginan Pegawai dan Organisasi
Laporan Pelaksanaan Survei Kepuasan Pegawai dari KPPN Blitar.
Satu pertanyaan yang kadang timbul di benak kita, sebagai pegawai jajaran Ditjen Perbendaharaan yang saat ini sedang menjalankan reformasi birokrasi, sebenarnya apa yang kita inginkan dari organisasi Ditjen Perbendaharaan ini, tentunya akan memberikan pertanyaan lanjutan yaitu apa yang diinginkan Ditjen Perbendaharaan dari kita, bagaimana mewujudkannya, apa saja yang dibutuhkan untuk merealisasikan itu semua, bagaimana kondisi ideal yang seharusnya.
Pertanyaan – pertanyaan tersebut apabila dapat dijawab oleh kita sendiri maupun oleh petinggi Ditjen Perbendaharaan dapat memberikan suatu kondisi yang nyaman, yang akan membuat pegawai yang mengabdi di Ditjen Perbendaharaan merasakan kepuasan atas pengabdiannya di Ditjen Perbendaharaan.
Kepuasan pegawai tercakup dalam Indikator Kinerja Utama Ditjen Perbendaharaan yang tentunya pencapaian peningkatan terhadap kepuasan pegawai akan memberikan kontribusi peningkatan kinerja bagi Ditjen Perbendaharaan.
Untuk melihat dan mengetahui sampai sejauh mana tingkat kepuasan pegawai Ditjen Perbendaharaan terhadap sejumlah aspek keorganisasian, selama periode bulan September hingga bulan Oktober 2010 Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan mengadakan Survei Kepuasan Pegawai Ditjen Perbendaharaan yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Survei Kepuasan Pegawai Tahun 2010. Survei dilaksanakan pada sejumlah pegawai kantor pusat dan 31 kantor daerah, baik kanwil maupun KPPN di seluruh Indonesia dengan total responden lebih kurang 1200 orang pegawai.
KPPN Blitar merasa mendapatkan kehormatan saat satu anggota Tim Survei kepuasan pegawai Bapak Agus Ristanto datang pada tanggal 15 Oktober 2010 dan menyampaikan Formulir Isian Data (Kuesioner) Survei Kepuasan Pegawai yang harus diisi oleh pegawai KPPN Blitar sebagai responden. Kuesioner tersebut terdiri dari tiga bagian, bagian pertama 83 pertanyaan dan harus dijawab semua, bagian kedua terdapat 83 pernyataan yang juga harus dijawab semua serta bagian ketiga ada 3 pertanyaan esai yang boleh diisi dan boleh tidak diisi namun disarankan untuk diisi. Bagian ketiga merupakan bentuk pertanyaan terbuka sehingga responden dapat menjawab dengan mengeluarkan semua uneg uneg yang ada di kepalanya. Merujuk pesan Kepala KPPN Blitar Ibu Lydia dalam pengarahannya mengawali kegiatan survey , sebaiknya pertanyaan pada bagian ketiga tersebut benar-benar dimanfaatkan oleh pegawai untuk menyatakan hal-hal yang menjadi harapan pegawai terhadap aspek keorganisasian, apa yang harus disediakan/disiapkan/dipenuhi oleh Ditjen Perbendaharaan agar pegawai dapat merasakan nyaman dalam mengemban tugas-tugas Ditjen Perbendaharaan. Dan dijamin apa yang ditulis tidak akan berhubungan dengan konsekuensi kedinasan apapun bagi responden yang bersangkutan.
Survei kepuasan pegawai ini selain merupakan perwujudan perhatian kantor pusat yang berorientasi internal organisasi (yakni pegawai) juga sebagai upaya pimpinan mendapatkan masukan dalam mengambil kebijakan yang berkaitan dengan pengelolaan aspek aspek keorganisasian Ditjen Perbendaharaan, terutama berkaitan dengan pengelolaan pegawai sebagai sumber daya dan asset organisasi, secara lebih proporsional dan efektif.
Agar jawaban yang diberikan betul betul mencerminkan persepsi responden secara apa adanya sesuai kondisi riil yang ada (seobyektif mungkin) pihak tim pelaksana, dalam hal ini diwakili Bapak Agus Ristanto memberikan waktu pengisian dari pagi pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 saat usai jam kantor. Dan bagi responden akan dijamin kerahasiaannya, karena kuesioner ini bersifat anonim (tanpa identitas), sehingga jawaban yang diberikan dapat mewakili dan mencerminkan gambaran kondisi kepuasan pegawai Ditjen Perbendaharaan di seluruh Indonesia secara obyektif termasuk pegawai di kantor vertikal Ditjen Perbendaharaan yang tidak ikut serta sebagai sample responden.
Ketika jam telah menunjukan tepat pukul 17.00 WIB semua formulir telah dikumpulkan di subag umum KPPN Blitar kemudian dibungkus dan disegel serta baru boleh dibuka lagi setelah diserahterimakan kepada Tim Pelaksana Survei Kepuasan Pegawai di Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan. Sebagai penutup kegiatan Tim Survei diserahkan cindera mata dari Tim kepada Kepala KPPN Blitar.
Terimakasih buat Ditjen Perbendaharaan yang memperhatikan suara kami semoga apa yang kami suarakan dan telah kami tuangkan dalam lembaran kertas Isian Kuesioner benar-benar menjadi feedback yang berarti buat kemajuan Ditjen Perbendaharaan kedepan dan kenyamanan serta kesejahterahan seluruh pegawai Ditjen Perbendaharaan.
Kontributor : Yudi Santosa, Pegawai KPPN Blitar