Sekayu,djpbn.kemenkeu.go.id - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sekayu melaksanakan Sharing Knowledge Service Excellence pada Rabu (27/07). KPPN Sekayu mengundang narasumber dari pihak Bank Mandiri. Bank Mandiri sembilan kali berturut-turut dari 2008 sampai 2016 mendapat The Best Bank Service Excellence dalam survei Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2016 oleh Marketing Research Indonesia (MRI) dan Majalah InfoBank.
“Pegawai KPPN Sekayu selalu berupaya meningkatkan pelayanan kepada stakeholders dan terus mengedepankan etos kerja yg baik serta dilengkapi dengan pelaksanaan Service Excellence guna menjunjung Nilai-nilai Kementerian Keuangan, sehingga dapat mewujudkan tema kegiatan Sharing Knowledge Service Excellence Perform Better to Serve Excellence “ kata Kepala KPPN Sekayu Suharno.
“Kehadiran Bank Mandiri diharap dapat memberikan saran dan tips kepada pegawai KPPN Sekayu dalam meningkatkan pelayanan untuk stakeholders yang dilayani” tambah Suharno.
Peserta mempraktikkan pelayanan Service Excellence kepada stakeholders melalui role play yang cukup menyenangkan. Diawali dengan mengucapkan salam, memberikan sapaan, senyum, jabat tangan serta diakhiri dengan cara menyelesaikan layanan dengan menanyakan “Apakah ada yang bisa dibantu lagi?”, dan mengucapkan terimakasih dengan menjaga fokus pelayanan serta menjaga kontak mata dengan pelanggan selama proses melayani adalah pesan yang dapat diambil dari role play tersebut.
Menurut narasumber, setiap pelayanan pada dasarnya melibatkan empat dimensi, yaitu: (1) memahami konsep pelayanan, (2) memahami harapan stakeholders, (3) memahami komponen service excellence, dan (4) me-manage kualitas service melalui standar layanan. Hal inilah yang menjadi dasar dalam rangka pelayanan kepada stakeholders.
Oleh: S. AMD – Kontributor KPPN Sekayu.