Tanjung Pandan, djpb.kemenkeu.go.id,- Untuk meningkatkan layanan kepada mitra kerja dan meningkatkan produktivitas pegawai, KPPN Tanjung Pandan menyelenggarakan sharing session dengan tema “Sinergi Membangun Negeri Bersama Satuan Kerja dan Pegawai KPPN Tanjung Pandan”. Sharing session yang diselenggarakan di KPPN Tanjung Pandan pada tanggal 14 s.d. 15 Oktober 2019 ini menghadirkan narasumber Aqua Dwipayana, konsultan komunikasi dan motivator.
Dalam sambutannya mengawali kegiatan sharing session, Kepala Kantor KPPN Tanjung Pandan Rd. Yen Yen Nuryeni menegaskan perlunya mencermati dan memedomani Langkah-Langkah Pelaksanaan APBN pada Akhir Tahun Anggaran 2019 sebagaimana diatur pada Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-13/PB/2019 tentang Pedoman Penerimaan dan Pengeluaran Akhir Tahun Anggaran 2019.
“Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengapresiasi dan memotivasi semangat para pengelola keuangan satker yang merupakan pahlawan yang tidak terlihat di balik suksesnya pembangunan bangsa ini, mengingat tugasnya yang semakin padat di tengah waktu pengelolaan anggaran yang semakin singkat. Juga untuk mengingatkan satker mitra kerja akan tanggal-tanggal penting,” ungkap Kepala KPPN Tanjung Pandan dalam kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai KPPN Tanjung Pandan, para perwakilan dari satuan kerja, dan tamu undangan lainnya ini.
Saat membuka sesi motivasinya, Aqua mengajak seluruh satker mitra kerja KPPN Tanjung Pandan untuk selalu memulai hari dengan bersyukur kepada Tuhan dan menanamkan perilaku positif serta mampu mengambil hikmah dari setiap pengalaman.
“Kesuksesan itu dimulai dari rasa bersyukur, bersyukur diberikan rejeki, kesehatan dan harus selalu merawat silaturahim. Melalui power of silaturahim segala kesulitan bisa diselesaikan dengan baik,” ungkap Aqua.
Keberhasilan KPPN Tanjung Pandan saat ini tidak akan tercapai apabila tidak terjalin sinergi. Penting pula dibangun komunikasi yang baik antara satker dan KPPN Tanjung Pandan sehingga mampu meningkatkan produktivitas. Aqua menguraikan, sinergi komunikan dan komunikator dalam penyampaian pesan hendaknya didasarkan pada REACH (Respect, Empathy, Audible, Clarity, dan Humble) agar setiap pesan dapat tersampaikan dengan baik dan tujuan komunikasi terwujud.
Aqua menyampaikan apresiasinya terhadap KPPN Tanjung Pandan yang dikelola secara profesional dan penuh inovasi hingga meraih berbagai prestasi. Sebagai kantor modern yang mengedepankan unsur komunikasi atasan dan bawahan yang saling mendukung, KPPN Tanjung Pandan menjadi tujuan benchmarking dari kantor-kantor lain seperti Kantor Kejaksaan Negeri, Kantor Imigrasi, Polres Kabupaten Belitung, bahkan Kantor Wakil Bupati Belitung.
Keberhasilan KPPN Tanjung Pandan yang didorong oleh keteladanan pimpinan dan dukungan tim DIAMOND (Do It Amazingly for More Output and Outcome with High Dedication) menjadi contoh bagi kantor-kantor pemerintah di Kabupaten Belitung dalam mengembangkan kantor yang mendukung zona integritas, bebas narkoba, dengan layanan istimewa bebas biaya. KPPN Tanjung Pandan juga telah menjadi wilayah bebas dari korupsi dan menerapkan penggunaan Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) melalui media informasi elektronik satu pintu. [Made-Kontributor KPPN Tanjung Pandan]