Siaran Pers

Ditjen Perbendaharaan

Sosialisasi Pendalaman Pasar Reverse Repo Pemerintah

Jakarta, 13 Oktober 2022 – Direktorat Pengelolaan Kas Negara (PKN) Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan bekerja sama dengan Bloomberg Indonesia menyelenggarakan sosialisasi Pendalaman Pasar Reverse Repo Pemerintah. Kegiatan ini diikuti perwakilan dari seluruh Bank Umum Konvensional dan Bank Pembangunan Daerah yang ada di Indonesia.

Transaksi reverse repo pemerintah adalah transaksi beli dengan janji untuk membeli kembali surat berharga negara pada waktu yang telah disepakati kedua belah pihak, dalam hal ini pemerintah dan bank umum yang telah menjadi mitra (counterpart) transaksi reverse repo pemerintah. Tujuannya adalah untuk menurunkan cost of fund melalui optimalisasi kas pada instrumen yang aman. Selain optimalisasi, reverse repo pemerintah diharapkan dapat memperdalam pasar sekunder SBN domestik. Menggunakan SBN sebagai collateral, reverse repo pemerintah mampu menjadi salah satu solusi bagi dunia perbankan dalam pemenuhan likuiditas dampak dari fenomena pengetatan likuiditas global yang diikuti dengan naiknya Giro Wajib Minimum perbankan nasional. Hadirnya reverse repo pemerintah mampu mengubah SBN yang dipegang oleh institusi perbankan menjadi lebih likuid.

Menggunakan platform AUPD Bloomberg, transaksi reverse repo pemerintah dilakukan secara elektronik dengan mekanisme lelang. Melalui platform ini, transaksi reverse repo dapat dilakukan secara efisien, akuntabel, dan menjaga fairness. Seluruh bank umum konvensional, dapat menjadi peserta lelang reverse repo pemerintah dan memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan likuiditas dari pemerintah.

“Instrumen reverse repo ini memberikan keamanan di sisi Pemerintah karena adanya underlying/jaminan transaksi berupa surat berharga dan dari sisi Bank akan memberikan opsi pemenuhan kebutuhan likuiditasnya dengan tingkat suku bunga yang kompetitif dengan menjaminkan surat berharganya ke Pemerintah. Selain itu, transaksi reverse repo ini juga merupakan bagian dari proses pendalaman pasar reverse repo Indonesia yang walaupun sudah didukung oleh Bank Indonesia sejak 2016 tetapi belum terlalu diminati, hanya beberapa bank saja yang aktif bertransaksi reverse repo,” ungkap Direktur PKN Noor Faisal Achmad.

Melalui sosialisasi ini, Ditjen Perbendaharaan mengharapkan agar seluruh bank konvensional lebih memahami mengenai reverse repo sehingga dapat menjadi counterpart reverse repo pemerintah dan berpartisipasi secara aktif dalam setiap lelang reverse repo yang diselenggarakan.

***

 Narahubung Media:

Direktur Pengelolaan Kas Negara

Direktorat Jenderal Perbendaharaan

Kementerian Keuangan

Website : djpb.kemenkeu.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Telepon : 14090

 

Unduh (PDF) SP- 05/DJPb/2022 Sosialisasi Pendalaman Pasar Reverse Repo Pemerintah

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search