Transformasi Kelembagaan

Menggaungkan Transformasi Kelembagaan Direktorat Jenderal Perbendaharaan di Daerah

Bagi organisasi besar seperti Direktorat Perbendaharaan, perubahan merupakan suatu keniscayaan yang akan meninggalkan cerita dari waktu ke waktu. Pastinya akan ada cerita keberhasilan dan ada juga pekerjaan rumah yang belum terselesaikan.

Transformasi kelembagaan dilakukan melalui peningkatan kualitas organisasi, perbaikan proses bisnis, modernisasi kebijakan, dan manajemen SDM serta perbaikan tata kelola dan kualitas pelayanan yang diberikan untuk mewujudkan Ditjen Perbendaharaan berkelas dunia to be world class treasurer.

Berbagai channel komunikasi diupayakan oleh Project Management Office (PMO) Ditjen Perbendaharaan agar gaung transformasi yang sedang berjalan sampai juga ke daerah.Untuk mendukung hal tersebut disediakan beberapa perangkat anatar lain website transformasi kelembagaan, buletin, buku saku, buku tahunan 2014, bahkan video transformasi kelembagaan sudah bisa diunduh melalui youtube untuk memberikan kemudahan akses para pegawai mendapatkan informasi. Hal ini didasarkan pada setiap pegawai berhak mendapat informasi yang sama.

Sarana lain yang dilakukan PMO dengan menyisipkan pesan-pesan transformasi pada kegiatan rapat koordinasi Ditjen Perbendaharaan. Pada rapat koordinasi Kanwil Ditjen Perbendaharaan di Medan dan Palembang. Antusiasme pegawai terlihat dari berbagai pertanyaan yang diajukan. Menarik, ketika salah satu pegawai menyoroti kejelasan exit strategy yang menjadi alternatif dari transformasi organisasi, yakni pelimpahan pegawai Ditjen Perbendaharaan ke salah satu Eselon I Kementerian Keuangan. Isu lainnya terkait kenaikan remunerasi sebagaimana dialami Ditjen Pajak, menjadi sorotan para pegawai dengan harapan akan ada kenaikan yang signifikan terkait remunerasi di Ditjen Perbendaharaan. Hal selanjutnya adalah perlunya tools yang dalam memberikan reward termasuk pengajuan penghargaan Satya Lencana Karya Satya hanya kepada para pegawai yang bekerja baik dan berprestasi.

Pada Rakor Regional Kanwil Ditjen Perbendaharaan se-Sulawesi di Manado dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan PaPa MaMa (Papua, Papua barat, Maluku, Maluku utara) pembahasan transformasi kelembagaan dan organsasi menjadi bergemuruh ketika membahas remunerasi bagi para pegawai. Dukungan implementasi transformasi kelembagaan Ditjen perbendaharaan mengalir ketika isu penggabungan DJPB dan DJKN disampaikan. Perlunya membangun sinergi dalam penguatan peran strategis Kanwil Ditjen Perbendaharaan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan APBN.

Semangat transformasi telah digelorakan. Beberapa masukan terkait dengan peningkatan peran dan kesejahteraan pegawai juga telah disampaikan. Mari kita sukseskan bersama transformasi Kelembagaan Ditjen Perbendaharaan dengan bahu membahu meningkatkan peran serta organisasi. Dengan demikian peningkatan renumerasi semakin jelas di depan mata. What you get is what you do. Salam Transformasi !

Oleh : Tim Transformasi Kelembagaan Ditjen Perbendaharaan