Transformasi Kelembagaan

Transformasi Kelembagaan, Tidak Ada Dusta Di antara Kita

“ Jangan ada dusta diantara kita “ penggalan lagu tersebut menjadi spirit Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan memberikan informasi perkembangan Transformasi Kelembagaan kepada para pegawai di daerah. Untuk meyebarkan gaung transformasi kelembagaan Kementerian Keuangan kepada seluruh insan perbendaharaan bukanlah pekerjaan yang mudah.

Hal ini mengingat panjang nya proses transformasi kelembagaan yang dilakukan hingga tahun 2025. Sungguh pun demikian, Project Management Office (PMO) perlu menjaga semangat para pegawai untuk menjadi bagian dari transformasi melalui sosialisasi di daerah. Terselenggaranya kegiatan tersebut diharapkan dapat mengakselerasi informasi Transformasi Kelembagaan serta meningkatkan sense of belonging pegawai sebagai insan perbendaharaan yang dibanggakan.

Kali ini PMO melakukan sosialisasi Transformasi Kelembagaan di Aula Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Lampung pada tanggal 17 April 2014. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Lampung, Bapak Sahat MT Panggabean beserta para pejabat Eselon III, Eselon IV, dan seluruh pegawai Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Lampung. Turun hadir juga pejabat eselon III dan IV KPPN Bandar Lampung. Hal ini menjadi bukti nyata keinginan untuk mengetahui Transformasi Kelembagaan yang dilakukan oleh Ditjen perbendaharaan.

Dalam kesempatan ini peserta sosialisasi mendengarkan pesan-pesan transformasi kelembagaan disampaikan oleh Pelaksana Harian Ketua PMO, Bapak Noor Faisal Achmad. Beberapa peserta memberikan masukan dan informasi terkait dengan pelaksanaan Perencanaan Kas dan MPN G2 di Daerah. Tak luput juga peserta mempertanyakan pelaksanaan TDR yang telah ditunggu-tunggu kiprahnya. Hal yang menjadi vocal point dalam sosialisasi kali ini adalah pelaksanaan akrual pada pemerintah daerah. Direktorat Jenderal Perbendaharaan perlu mengambil peran financial assistance pemerintah daerah. Fungsi yang seharusnya telah dilaksanakan beberapa waktu lalu namun hingga saat ini diambil alih oleh Badan Pemeriksan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Pada sesi akhir, Narasumber menyampaikan bahwa banyak pekerjaan perbendaharaan di daerah yang belum dilakukan maksimal oleh kantor daerah. Untuk itu sikap terbuka dan bahu membahu seluruh insan perbendaharaan sangat dibutuhkan. Semangat mengambil kembali peran perbendaharaan yang hilang telah digelorakan di Bumi Kalianda Lampung. Tidak ada dusta di antara kita. Bravo Ditjen Perbendaharaan .

Oleh : Tim Transformasi Kelembagaan Ditjen Perbendaharaan