Transformasi Kelembagaan

Liputan Workshop Evaluasi Implementasi Transformasi Kelembagaan Ditjen Perbendaharaan dengan Pendekatan Sisten dan Statistik

Jakarta, djpbn.kemenkeu.go.id – Berupaya mengukur bagaimana kesiapan perubahan Transformasi Kelembagaan dan Transformasi Organisasi dan bagaimana peran serta pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

PMO Direktorat Jenderal Perbendaharaan telah mengadakan Workshop Evaluasi Implementasi Transformasi Kelembagaan dan Organisasi Ditjen Perbendaharaan dengan Metodologi Pendekatan Sistem dan Statistika(26/05). Peserta Workshop dari PMO, Iniative Leader, Sekretariat Direktorat Jenderal Perbendaharaan pada lingkungan internal Direktorat Jenderal Perbendaharan dan pihak eksternal Direktorat Jenderal Perbendaharaan (CTO, Biro Organta Sekretariat Jenderal Kementrian Keuangan, Inspektorat Jenderal, dan Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan BPPK).

Workshop hari pertama diisi oleh nara sumber yang sangat berkompeten yaitu Prof. Dr. Ir. M. Syamsul Maarif, M.Eng. Beliau memberikan materi tentang Paradigma dan Teori, Analisis, Monitoring & Evaluasi Kebijakan dan Multi Criteria Decision Making.Pada sesi kedua, Bapak Syamsul didampingi oleh Bapak Taukhid (Tenaga Pengkaji Perbendaharaan) untuk mengupas tuntas Permasalahan Implementasi Kebijakan Transformasi Perbendaharaan. Kupas tuntas dilakukan melalui talkshow dan diskusi yang menarik antara narasumber dan peserta. Para peserta bertanya dengan antusias mengenai kasus-kasus nyata mengenai kebijakan.

Pada hari kedua, workshop diisi dengan paparan Ir. Hamzah Bustomi, M.M. dan Drs. Hendy Hendharto, M.Ed. Bapak Hamzah menjelasakan Teknik dan Aplikasi penggunaan SAST, SEM Model, ISM dan IPA.Pada sesi pertama ini, peserta juga berbagi cerita pengalaman masing-masing dalam menentuka pendekatan statistika yang pernah peserta terapkan dalam unit organisasi masing-masing. Sedangkan pada sesi keduaBapak Hendy menjelaskan tentang Metodologi Monitoring dan Evaluasi Kebijakan serta pembuatan proposal. Contoh kasus Pembuatan Proposal diterapkan secara nyata melalui paparan proposal yang disampaikan secara langsung oleh perwakilan Direktorat APK.

Pada sesi penutup, ada paparan oleh Bapak Sulistyono mengenai survei kesiapan perubahan yang telah dilakukan dalam implementasi SPAN. Melalui worksop ini diharpakan peserta mampu menyusun laporan dan feedback kepada para pemangku kepentingan yang terkait dengan penanganan masalah-masalah Implementasi Kebijakan Transformasi Kelembagaan dan Organisasi Ditjen perbendaharaan. (TIM PMO DJPBN-FDK)

Oleh : PMO Ditjen Perbendaharaan