Transformasi Kelembagaan

Inovasi Aplikasi Profil Satker KPPN Gorontalo

Sejalan dengan semangat perubahan yang digaungkan Transformasi Kelembagaan, inovasi Aplikasi Profil Satker hadir di KPPN Gorontalo.

Inovasi ini dikembangkan oleh putra daerah wilayah timur, Muhammad Fajri Natsir, pegawai KPPN Gorontalo yang terinspirasi dari keinginan untuk mempermudah pekerjaan pada seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal (MSKI) tempat di mana pengembang aplikasi bertugas.

Aplikasi ini akan menampilkan rekap profil satker dalam bentuk tabel yang dapat berwarna merah, kuning, dan hijau. Warna hijau mengindikasikan satker dalam kondisi aman atau berkinerja baik. Warna kuning mengindikasikan satker dalam kondisi masih aman tetapi sudah harus berhati-hati dengan kinerjanya. Warna merah mengindikasikan satker yang berkinerja buruk sehingga memerlukan perhatian dan penanganan khusus. Kinerja satker yang dilihat berkaitan dengan penyerapan anggaran, koreksi SPM terhadap jumlah SP2D, sanksi UP/TUP,sanksi terhadap Laporan Keuangan dan keterlambatan pengajuan gaji

Fungsi umum dari Aplikasi Profil Satker adalah sebagai alat rekam medik satker dan sebagai pemetaan data satker dalam rangka pelaksanaan kegiatan monitoring. Secara lebih rinci manfaat dari Aplikasi Profil Satker bagi seksi MSKI KPPN adalah:

  1. Terlaksananya pelaksanaan monitoring yang tepat sasaran.
  2. Identifikasi satker yang perlu mendapat perhatian khusus.
  3. Acuan untuk tindakan antisipasi atas potensi permasalahan yang ada pada satker.
  4. Pencegahan permasalahan yang mungkin terjadi di akhir tahun.

Dengan adanya Aplikasi Profil Satker maka satker-satker yang memerlukan penanganan khusus dari beberapa seksi di KPPN-seperti seksi Pencairan Dana dan Seksi Vera- bisa mendapatkan bimbingan secara komprehensif. Keuntungan lain adalah adanya penghematan biaya monev mengingat pembinaan cukup dilakukan di KPPN Gorontalo.

Aplikasi Profil Satker memang terlihat sederhana namun manfaatnya tidak sederhana. Aplikasi Profil Satker adalah salah satu contoh dari semangat ingin mempermudah pekerjaan dan memperbaiki proses bisnis yang pada akhirnya memberikan kemudahan dua pihak yaitu KPPN dan satker dalam meningkatkan kinerjanya masing-masing.

Aplikasi Profil Satker adalah hasil karya dari wilayah timur Indonesia yang membuktikan bahwa semangat perubahan telah ada di berbagai wilayah. Semoga semangat perubahan yang telah ada dapat terus terjaga dan bisa menjadi inspirasi bagi insan Perbendaharaan di seluruh Indonesia dalam mendukung terwujudnya Transformasi Kelembagaan. Perubahan ada di tangan kita !

 

Oleh : PMO Ditjen Perbendaharaan