Transformasi Kelembagaan

Behind The Scene “Video Konten Lokal Inovasi Aplikasi Profil Satker KPPN Gorontalo”

“Camera rolling,.... Action!......Cut!” Begitulah kata-kata yang sering terdengar pada hari Jumat tanggal 8 Mei 2015 di KPPN Gorontalo.

Ya, hari itu KPPN Gorontalo menjadi lokasi shooting pembuatan video inovasi konten lokal wilayah timur yang mewakili Ditjen Perbendaharaan untuk ditampilkan kepada Menteri Keuangan pada acara Roadshow Transformasi Kelembagaan di Makassar tanggal 21 Mei 2015. Aplikasi Profil Satker KPPN Gorontalo yang dikembangkan oleh Muhammad Fajri Natsir terpilih menjadi inovasi konten lokal setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat dengan berbagai pertimbangan oleh tim dari Project Management Office (PMO) Ditjen PBN, Bagian Organisasi dan Tata Laksana, Bagian Administrasi Kepegawaian dan Bagian Pengembangan Pegawai, dan dianggap sangat pantas untuk disajikan kepada Menteri Keuangan.

Tim PMO bekerja sama dengan Tim Media Center DJPB yang sudah berpengalaman dalam pembuatan video, berangkat menuju KPPN Gorontalo. Waktu yang tersedia sangat terbatas- hanya dalam 1 hari- tim pembuatan video harus mengambil objek gambar berbagai macam aktivitas pada KPPN Gorontalo dan fitur-fitur Aplikasi Profil Satker. Beruntung sekali tim pembuatan video datang ke KPPN Gorontalo pada tanggal 8 Mei 2015, di mana satker banyak yang datang ke KPPN, sehingga sangat membantu dalam membangun suasana pengambilan video. Pengambilan gambar dimulai pukul 07.30 untuk mendapatkan pencahayaan bagus dalam pengambilan gambar gedung luar KPPN Gorontalo.

Kepala KPPN Gorontalo, Suhardjono, sangat antusias dan sangat membantu tim pembuatan video dalam pelaksanaan di lapangan. Begitu juga dengan para pegawai KPPN Gorontalo dan satker-satker sangat mudah untuk bekerja sama dalam pengambilan gambar. Pengambilan gambar dilakukan secara alami karena memang pada saat itu satker sedang banyak yang berkunjung ke KPPN Gorontalo. Tim pembuatan video berusaha untuk tidak mengganggu proses pelayanan KPPN Gorontalo pada saat pengambilan gambar. Tentu saja keberadaan tim pembuat video dan berbagai macam peralatan yang cukup canggih menjadi perhatian dan cukup sulit untuk diabaikan oleh para pegawai KPPN dan satker-satker.

Hal menarik terjadi ketika pengambilan scene Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo - Sudarso-. Beliau membutuhkan beberapa kali “take” untuk menghasilkan gambar yang memuaskan, hal ini sangat dimaklumi karena beliau bukanlah seorang artis, bahkan seorang artis pun tak jarang melakukan kesalahan pada saat pengambilan gambar. Namun beliau tetap menunjukkan antusiasme walaupun harus beberapa kali “take”. Hal yang sama terjadi juga pada saat pengambilan scene Suhardjono. Beliau pun membutuhkan beberapa kali “take”, sehingga berkomentar “ternyata susah ya shooting” setelah pada awalnya mengira akan mudah saat gilirannya diambil gambar setelah melihat Kepala Kanwil membutuhkan beberapa kali “take”. Sedangkan untuk pengambilan scene Mas Fajri (Muhammad Fajri Natsir) sebagai pengembang aplikasi cukup mudah karena Mas Fajri sepertinya lebih rileks dan sudah cukup siap untuk pengambilan gambar. Pengambilan gambar berakhir pada pukul 17.00 untuk lokasi internal KPPN, dan dilanjutkan pengambilan gambar-gambar pendukung seperti lanskap kota Gorontalo dan bangunan-bangunan penting di kota Gorontalo sampai pukul 18.00.

Bagi tim PMO, ini merupakan pengalaman pertama dalam pembuatan video secara swadaya dengan tidak menggunakan pihak ke tiga dan juga pengalaman pertama bekerjasama dengan tim media center. Tim PMO sangat mengapresiasi dedikasi dan totalitas tim media center dalam proses pengambilan video, segala cara dilakukan oleh tim media center untuk mendapatkan “angle” yang bagus. Dan tidak selesai sampai di situ, untuk sampai pada hasil akhirnya menjadi video yang memuaskan, ternyata adalah perjuangan tersendiri bagi tim media center. Tim PMO juga mengapresiasi segenap keluarga besar Kanwil DJPB Provinsi Gorontalo dan KPPN Gorontalo atas dukungan dan antusiasme dalam seluruh proses pembuatan video inovasi Aplikasi Profil Satker.

Aplikasi Profil Satker KPPN Gorontalo adalah salah satu contoh inovasi dari putra daerah yang mewakili wilayah timur, semoga dengan dieksposnya inovasi ini dapat membangkitkan semangat kepada Insan Perbendaharaan di seluruh Indonesia untuk menciptakan inovasi-inovasi lainnya yang mendukung pencapaian visi Ditjen Perbendaharaan menjadi pengelola perbendaharaan negara yang unggul di tingkat dunia. Perubahan ada di tangan kita!

Oleh : PMO Ditjen Perbendaharaan