Jl. Tjilik Riwut KM.1 No.10, Jekan Raya, Kota Palangka Raya 73111
Telp. (0536) 3221215 Fax. (0536) 3238110

Audiensi Penyusunan CaLK Menggunakan Aplikasi CaLK dalam Penyusunan LKPD

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah, sangat mengapresiasi dan mendukung Pemerintah Daerah untuk terus menyajikan pertanggungjelasan pengelolaan APBN dan APBD secara transparan dan mudah dipahami oleh masyarakat luas.

Untuk itulah, pada hari Selasa tanggal 24 Agustus 2021 pukul 08.00-10.00 WIB diselenggarakan “Audiensi dan Diskusi Penyusunan Catatan Atas Laporan Keuangan Pemerintah (CaLK) Menggunakan Aplikasi CaLK dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah”. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom dipandu oleh Suntari, Kasi Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah Kanwil DJPb Kalteng. Menghadirkan narasumber Syahrawi Munthe dari Direktorat Akuntansi dan pelaporan Keuangan DJPb. Adapun partisipan berjumlah 31 peserta berasal dari BKAD Provinsi Kalteng, sejumlah pejabat/pegawai BPPKAD dan OPD Kabupaten Pulang Pisau, Bidang PAPK Kanwil DJPb Kalteng, serta BPKAD Kabupaten Kapuas.

Syahrawi melakukan demo Aplikasi CaLK. Beliau menjelaskan bahwa aplikasi yang dkembangkannya telah diterapkan pada satker Pemerintah Pusat (berjumlah sekitar 23.000 pengguna). Dengan aplikasi tersebut maka penyusunan CaLK hanya membutuhkan waktu penyelesaian sekitar 2-3 jam saja dari semula 6-7 hari. Selain mempersingkat waktu, maka uraian CaLK juga terhindar dari salah ketik angka dan uraian sesuai dengan angka pada Laporan Face).

Perwakilan peserta dari Kabupaten Pulang Pisau menyatakan akan melakukan uji coba internal terhadap aplikasi CaLK tersebut. Sedangkan perwakilan dari Kabupaten Kapuas bahkan memberikan berita bahwa mereka juga tengah mengembangkan semacam aplikasi CaLK otomatis.
Yuyun Wahyudi, Kabid Akuntansi dan Aset BKAD Provinsi Kalteng menyampaikan apresiasi kepada Kanwil DJPB Kalteng serta Syahrawi Munthe terkait materi CaLK yang sangat diperlukan oleh Pemda agar mampu menyelesaikan penyusunan Laporan Keuangan secara cepat dan akurat.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search