Kegiatan “ Stakeholders Day” telah diselenggarakan hari ini (Rabu, 18 Mei 2022) yang diikuti para Satuan Kerja dan petugas pengelola keuangan yang aktif dalam berhubungan dengan layanan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalteng.
Acara yang diselenggarakan secara hybrid ini dilaksanakan untuk mengenalkan lebih dalam berbagai layanan Kanwil DJPb , inovasi dan menerima masukan dari stakeholders.
Acara diawali dengan pemberian dukungan oleh Satuan Kerja kepada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah yang saat ini sedang membangun Zona Integritas menuju WBK. Penandatanganan dan testimoni dukungan diwakili oleh KPA Rorena Polda Kalteng, KPA KPU Kab. Seruyan dan KPA KPP Pratama Muara Teweh.
Untuk memberikan apresiasi kepada Satuan Kerja yang berprestasi pada tahun 2021 diberikan penghargaan atas prestasi Satuan Kerja yaitu :
1. Peringkat Nilai IKPA Terbaik Tahun 2021, yaitu
A. Kategori Pagu Besar (diatas 10 M)
- Polres Sukamara
- Kantor Pelayanan Pajak Pratama Muara Teweh
- BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah
B. Kategori Pagu Sedang (3 d.f. 10 M)
- Itwasda Polda Kalteng
- Rorena Polda Kalteng
- Kantor Pengawasan dan Pelayanan BC Sampit
C. Kategori Pagu Kecil ( dibawah 3 M)
- Pengadilan Negeri Pangkalan Bun
- KPU Kabupaten Seruyan
- Kantor Kementerian Agama Kotawaringan Barat
2. Satker dengan pencapaian terbaik dalam pelaksanaan rekonsiliasi laporan keuangan terbaik tahun 2021 dari setiap KPPN lingkup Provinsi Kalteng
- Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah
- Stasiun Meteorologi H Asan
- UPBU Iskandar
- Pengadilan Negeri Muara Teweh
3. Satker dengan kinerja realisasi penyerapan anggaran BLU : Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya
Selain pemberian penghargaan, dilakukan pengenalan inovasi melalui pemutaran video. Adapun inovasi yang diperkenalkan adalah : Sie DIPA (Seri Edukasi dan Informasi Pelaksanaan Anggaran), SHARE ( Satu jam Hibah dan Revisi), PRO DFDD, Si ANTANG, perpustakaan digital, WIS BISO.
Setiap inovasi yang dibuat, bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Tengah dalam memberikan pelayanan maupun kepada Stakeholders dalam menerima layanan. Diharapkan dengan adanya inovasi tersebut, satker dapat teredukasi terkait informasi seputar anggaran, hibah, DAK Fisik dan Dana Desa, Pelaporan Keuangan dll. Tugas kepatuhan internal yang dilaksanakan di Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Tengah juga sampaikan pada kesempata ini yaitu, terkait Pakta Integritas, Penyusunan Profil Risiko, Pengelolaan Pengaduan, Pengujian Pengendalian Utama, pemantauan penerapan Kode Etik dan Kode Perilaku, Penanganan Benturan Kepentingan, dll.
Puncak acara talkshow yang berisi pengenalan layanan terbaru Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Tengah. Kepala Bidang PAPK, Martina Sri Mulyani, sebagai moderator memandu jalannya talk show bersama Kepala Bidang PPA I, Kepala Bidang PPA II dan Petugas FO. Dari talkshow tersebut disampaikan informasi tentang berbagai layanan terkini dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah.
Acara diakhiri dengan office tour atas penerapan FRESH ( Flexible, Responsive, Smart, dan Healthy ) Office pada Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Tengah. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah, Hari Utomo menekankan bahwa implementasi FRESH Office tidak hanya sekedar mengubah penataan layout ruang kerja, namun lebih dari itu, perubahan mindset dan kebiasaan dari para pegawai dalam bekerja. FRESH Office diharapkan dapat mengubah pula budaya organisasi dari sektoral menjadi kolaboratif, mendorong komunikasi secara vertikal dan horizontal menjadi lebih cair, meningkatkan efisiensi penggunaan ruang kantor dan menumbuhkan daya kreasi, inovasi, serta meningkatkan produktivitas pegawai. "Konsep FRESH Office tidak hanya sekedar membangun sarana prasarananya namun membangun mindsetnya dan memastikan bahwa kinerja tugas fungsi perbendaharaan semakin meningkat dan baik, membuat insan perbendaharaan semakin kompeten, berkinerja tinggi, mampu melaksanakan seluruh amanah organisasi" terang Hari Utomo.
Acara Stakeholders Day yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini merupakan moment penting untuk mendapatkan masukan dari Satuan Kerja. Setiap masukan dari Satuan Kerja akan segera ditindaklanjuti untuk perbaikan dan peningkatan layanan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah agar semakin “HANDAL” dan “BAHALAP”.