Fakfak

Berita

Seputar KPPN Fakfak

Forum Group Discussion (FGD) Penguatan Integritas Pegawai KPPN Fakfak Dalam Rangka Pembangunan ZI menuju WBBM 2023 bersama Kapolres Fakfak & Kajari Fakfak

 

            Integritas merupakan salah satu atribut penting yang harus dimiliki seorang pejabat publik dan pelayan masyarakat. Integritas seorang pegawai ASN merupakan faktor kunci dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, dan efisien, serta pelayanan publik yang prima. Dalam rangka menindaklanjuti Pencanangan Zona Integritas (ZI), Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Fakfak (KPPN Fakfak) mengadakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) yang bertajuk "Penguatan Integritas Pegawai KPPN Fakfak Dalam Rangka Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2023" yang diadakan pada hari Selasa, 07 Maret 2023 bertempat di aula KPPN Fakfak. Acara ini mengundang para narasumber yaitu Kepala Kepolisian Resor Fakfak dan Kepala Kejaksaan Negeri Fakfak.

Dalam pembukaannya, Kepala KPPN Fakfak Bapak Yofi Habibie Adnan menyampaikan bahwa Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBBM melalui reformasi birokrasi, pencegahan korupsi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Selanjutnya pada Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yaitu predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi komponen manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia (SDM), penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik. Implementasi integritas semoga bisa semakin ditingkatkan dengan adanya kegiatan-kegiatan sosialisasi dan FGD bersama dengan narasumber-narasumber yang kompeten dalam bidang penegakan hukum dan pengayom masyarakat.

Dalam FGD Penguatan Zona Integritas ini, Kepala Kepolisian Resort Fakfak AKBP Hendriyana, SE, MH menyampaikan program penguatan integritas harus dilaksanakan secara berkelanjutan dengan adanya role model-role model yang baik dari unsur pimpinan. Secara umum Kementerian Keuangan melalui KPPN Fakfak sudah melaksanakan pelayanan publik yang baik dengan mengedepankan tata Kelola SDM dan pemanfaatan teknologi informasi secara optimal. Hal ini memperkuat reformasi birokrasi menjadi sangat baik sehingga potensi korupsi, kolusi dan nepotisme dapat diawasi dan dicegah oleh sistem internal. Kedepan hal-hal yang perlu terus dijaga kualitasnya adalah dalam hal manajemen perubahan, penataan tatalaksana, SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Adanya inovasi organisasi untuk mencapai prinsip good governance melalui perubahan struktur dan instrument, reward dan punishment yang transparan serta budaya kerja yang baik diharapkan dapat membentuk pelayanan kepada publik secara efisien dan dapat diandalkan tutup Kepala Kepolisian Resort Fakfak.

Selanjutnya Kepala Kejaksaan Negeri Fakfak beserta Bapak Nixon Nikolaus Nilla Mahuse, SH, MH memberikan pemaparan pembangungan zona integritas melalui peningkatan awareness para aparatur negara terhadap potensi korupsi yang bisa timbul dalam pelayanan publik. Jenis-jenis korupsi yang dapat muncul adalah dalam hal perbuatan merugikan negara, suap, gratifikasi, penggelapan, pemerasan, perbuatan curang dan adanya konflik kepentingan. Penguatan di bidang pengawasan dapat terus dikembangkan secara optimal dengan penerapan model tiga lini dimana adanya pengawasan dari unsur manajemen, kemudian pengawasan oleh unit kepatuhan internal dan selanjutnya pengawasan oleh tim inspektorat jenderal pada tiap organisasi. Dengan terbentuknya budaya kerja yang baik serta role model pemimpin yang berintegritas akan menjadi modal yang dalam baik upaya peningkatan integritas, tutup Kepala Kejaksaan Negeri Fakfak.

 

Pada sesi akhir FGD juga dilaksanakan diskusi dengan peserta para pegawai KPPN Fakfak yang menjadikan dialog menjadi semakin hangat dengan pertanyaan-pertanyaan interaktif seputar materi yang dibawakan dan juga mengenai kiat-kiat implementasi peningkatan zona integritas pada masing-masing organisasi.

Dalam kesimpulan penutupnya, Yofi Habibie Adnan menyampaikan bahwa peningkatan ZI menuju WBBM di tahun 2023 juga diiringi dengan upaya-upaya internal yaitu meningkatkan transparansi layanan dengan adanya maklumat dan janji layanan, akuntabilitas kinerja, peningkatan kepatuhan internal dan penyuluhan-penyuluhan anti korupsi dan gratifikasi melalui penyuluh tersertifkasi. KPPN Fakfak terus membangun sikap optimis dalam meraih predikat WBBM dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholder dan mitra satuan kerja KPPN yang mendukung seluruh proses dan tahapan penilaian WBBM pada KPPN Fakfak.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search