Wonosari (08/03) Setelah berhasil masuk 5 besar penilaian Kantor Pelayanan Terbaik, KPPN Wonosari akhirnya melaju ke tahap berikutnya yaitu penilaian tahap akhir atau On The Spot. Untuk menentukan lolos Kantor Pelayanan Terbaik tingkat Kementerian Keuangan, KPPN Wonosari harus bersaing dengan 4 KPPN lainnya yaitu : KPPN Pekanbaru, KPPN Takengon, KPPN Bekasi dan KPPN Pelaihari.Kunjungan penilaian KPT tahun 2019 tahap On The Spot oleh Tim Penilai dari Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan yang diketuai oleh Suharno selaku Kepala Bagian OTL Setditjen Perbendaharaan pada KPPN Wonosari ini dilaksanakan pada hari Jumat 8 Maret 2019 dan dihadiri tamu undangan dari Pemda Gunungkidul dan beberapa perwakilan Satker mitra kerja KPPN Wonosari. Hadir pula Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi D.I. Yogyakarta, Heru Pudyo Nugroho beserta beberapa pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi D.I Yogyakarta.
Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi D.I. Yogyakarta, Heru Pudyo Nugroho menyampaikan apresiasi kepada KPPN Wonosari di tengah keterbatasan SDM yang hanya berjumlah 16 orang namun tetap menghasilkan kinerja yang tinggi sehingga KPPN Wonosari dapat meraih beberapa penghargaan antara lain : Sertifikasi Bendahara Awards Tahun 2018, Pemenang Lomba Knowledgebase Perbendaharaan tahun 2017, dan beberapa penghargaan lain terkait pengelolaan kinerja dan Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat Kuasa BUN Daerah. “Selain itu terkait komitmen integritas, KPPN Wonosari juga telah berhasil melakukan proses akselerasi pembangunan zona integritas menuju WBBK/WBBM yang telah dikukuhkan dengan Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan, dan pada Tahun 2019 KPPN Wonosari ditetapkan untuk mengikuti penilaian pembangunan Zona Integritas menuju WBK yang akan dinilai oleh Kementerian PAN-RB” imbuhnya melanjutkan.
Sebelum pemaparan materi, Suharno selaku Ketua Tim Penilai menyampaikan bahwa tujuan penilaian Kantor Pelayanan Terbaik ini adalah untuk terus meningkatkan kualitas layanan KPPN yang ada di seluruh Indonesia secara berkelanjutan dan meningkatkan semangat untuk melakukan perbaikan/inovasi. Setelah melalui berbagai penilaian terhadap beberapa kriteria, KPPN Wonosari telah dinyatakan lulus sebagai 5 terbaik penilaian Kantor Pelayanan Terbaik tahun 2019.
Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi profil KPPN Wonosari dan beberapa inovasi yang telah diterapkan pada KPPN Wonosari oleh Plt. Kepala KPPN Wonosari, M Affifudin Ikhsan. Tim Penilai menanyakan beberapa pertanyaan kritis terkait materi profil KPPN Wonosari, namun dengan bermodal semangat yang tinggi seluruh pertanyaan mampu dijawab dengan tuntas, lugas dan memuaskan. Di sela-sela pemaparan tersebut juga disampaikan testimoni seluruh perwakilan Satker Mitra Kerja KPPN Wonosari, seluruh perwakilan Satker yang hadir menyatakan sangat puas dan menyampaikan apresiasi atas layanan yang telah diberikan KPPN Wonosari. Acara penilaian dilanjutkan dengan pengamatan ruang kerja, termasuk ruang layanan (Front Office), middle office dan back office.
Akhirnya, kita semua berharap agar prestasi ini tidak membuat lengah, namun justru mampu membangkitkan semangat untuk terus berkarya dan berprestasi. Dengan motto SIAP layanan PASTI, KPPN Wonosari siap untuk terus berinovasi dan berprestasi dalam mendukung terwujudnya Treasury Indonesia yang Unggul di tingkat dunia. KPPN Wonosari, mengawal APBN membangun Negeri..
Oleh : kontributor KPPN Wonosari