Jl. Tuparev No.14 Cirebon
Hasil Survei Kepuasan Satker Terhadap Layanan KPPN Cirebon Periode Semester I Tahun 2023
Survei Kepuasan Pengguna Layanan (SKPL) KPPN Cirebon dilakukan dalam rangka memenuhi harapan dan memuaskan para pengguna layanan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan publik. Penyelenggara layanan publik dituntut untuk mampu memenuhi harapan masyarakat dalam penyelenggaraan layanan yang berkualitas dan profesional. Penyelenggaraan layanan publik yang difokuskan untuk kepuasan dan pemenuhan aspirasi masyarakat merupakan modal utama dalam pengembangan pelayanan publik yang berbasis sistem informasi, teknologi, modal insani, dan arah kebijakan. Penyelenggaraan layanan publik yang dapat memenuhi harapan masyarakat dimaksudkan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat yang menjadi salah satu faktor keberlangsungan tata kelola negara dan modal pembangunan bangsa. Pengukuran tingkat kepuasan pengguna layanan melalui SKPL diharapkan dapat menggambarkan kondisi aktual pelayanan, harapan, dan kepuasan pengguna layanan sebagai dasar dari pengambilan kebijakan perbaikan proses bisnis di masa yang akan datang.
Hasil SKPL KPPN Cirebon Semesetr ITahun 2023 secara agregat bernilai indeks 4,96 dari skala indeks 5 yang menggambarkan pengguna layanan sangat puas atas layanan yang diberikan oleh KPPN Cirebon.
SKPL tahun 2023 menggunakan indikator aspek layanan sebagaimana diatur dalam UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan menggunakan juga indikator pelayanan publik digital. Selain menghasilkan nilai indeks, SKPL tahun 2023 juga melakukan identifikasi aspek layanan yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan, keterkaitan antara kinerja aspek-aspek layanan dan tingkat kepuasan pengguna layanan, dan rekomendasi kebijakan dalam peningkatan kepuasan pengguna layanan.
KPPN Cirebon akan terus bekerja keras untuk meningkatkan kinerja layanan seiring dengan ekspektasi pengguna layanan yang makin meningkat. Upaya penyempurnaan layanan dan peningkatan kinerja layanan menjadi sebuah langkah strategis bagi KPPN Cirebon dalam memenuhi ekspektasi pengguna layanan agar pelayanan publik menjadi makin baik. Peningkatan pelayanan publik KPPN Cirebon akan dilakukan berdasarkan tindak lanjut atas rekomendasi SKPL tahun 2023, perubahan perilaku dan ekspektasi masyarakat, perkembangan teknologi, dan arah kebijakan Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Daya dan upaya KPPN Cirebon dalam kegiatan SKPL tahun 2023 dilakukan dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan layanan publik yang berkualitas dan profesional yang merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik (good governance).
Data Realisasi Anggaran s.d Juni 2023 Wilayah Kerja KPPN Cirebon