Jl. Ibrahim Singadilaga No.82, Purwakarta

Berita

Seputar KPPN dan Kanwil DJPb

KPPN Gelar Penyerahan DIPA TA 2018

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Purwakarta sukses menggelar Focus Group Discussion (FGD) dan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) kepada Satuan Kerja (Satker) KPPN di wilayah Subang dan Purwakarta, Kamis (21/12).
Acara yang digelar di Aula KPPN Purwakarta tersebut mengundang 60 Satker dan pada momen tersebut juga ditandatangani pakta integritas sebagai komitmen untuk patuh kepada peraturan yang berlaku, dan sebagai komitmen bersama antikorupsi dan antigratifikasi di seluruh Satker KPPN Purwakarta.
Dalam sambutannya Kepala KPPN Purwakarta Rini Djarwati mengatakan, penetapan DIPA merupakan dokumen untuk memulai proses program dan kegiatan yang diajukan sesuai sesuai dengan bidang dan tugas masing-masing.
“RUU APBN telah resmi disahkan pada 22 November 2017 lalu menjadi UU No. 15/2017 tentang APBN Tahun Anggaran 2018. Posisi APBN tersebut semakin strategis sebagai instrumen pemerintah mencapai sasaran pembangunan dan stimulan ekonomi,” kata Rini.
Ada pun tema kebijakan fiskal yang dijalankan pemerintah pada 2018, kata Rini, yakni memantapkan pengelolan fiskal untuk mengakselerasi pertumbuhan yang berkeadilan. “Pemerintah akan menjalankan beberapa kebijakan pokok, di antaranya optimalisasi pendapatan negara dengan target penerimaan perpajakan yang realistis berdasarkan basis data terkini,” ujarnya.
Pemerintah juga, sambungnya, akan melanjutkan penguatan kualitas belanja negara dengan tetap konsisten melakukan efisiensi belanja non-prioritas. “Di samping itu, pemerintah juga melakukan efisiensi pembiayaan anggaran,” ujarnya.
Lebih lanjut Rini menjelaskan, pada tahun anggaran 2018 ini KPPN Purwakarta mengelola dana sebesar Rp1.735.105.591.000 dari APBN dan dialokasikan melalui 60 satker di wilayah Purwakarta dan Subang. “Untuk Dana Transfer dan Dana Desa Kabupaten Purwakarta sebesar Rp1.414.596.917.000 sedangkan untuk Kabupaten Subang sebesar Rp2.075.647.097.000,” ujarnya.
Dirinya bersyukur penyerapan anggaran pada tahun 2017 dapat dikatakan sudah semakin baik. Hal ini dilihat dari persentase surplus atau defisit anggaran terhadap PDB 2017 2,67 persen dan pada 2018 sebesar 2,19 persen.
“Keberhasilan tersebut membuat pemerintah semakin optimis akan mendorong perubahan ekonomi masyarakat,” ujarnya.
Rini juga mengatakan, KPPN Purwakarta akan terus mengevaluasi kinerja di antaranya melalui penyederhanaan birokrasi, sinkronisasi kegiatan pusat dan daerah, belanja yang fokus tidak tersebar, meningkatkan belanja untuk layanan publik, dan lainnya.
“Setelah diterimanya DIPA kami mohon kepada seluruh Satker untuk segara menyusun rencana kerja, kegiatan, dan penyerapan anggaran, serta meneliti kebenaran data administratif DIPA yang diterimanya,” kata Rini.
Yang istimewa, dalam kesempatan tersebut juga KPPN memberikan apresiasi kepada 3 satker terbaik dalam pelaksanaan anggran 2017. Ketiga satker terbaik itu adalah Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Sukamandi Kabupaten Subang, Pengadilan Negeri Purwakarta, dan Polres Subang.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search