Pengelolaan terhadap sumber daya manusia merupakan hal yang penting dalam pencapaian tujuan. Umumnya pimpinan organisasi mengharapkan kinerja yang baik dari masing-masing pegawai dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sebuah organisasi. Kita menyadari bahwa sumber daya manusia merupakan modal dasar dalam proses pembangunan oleh karena itu kualitas sumber daya manusia senantiasa harus dikembangkan dan diarahkan agar tercapainya tujuan yang telah ditetapkan oleh suatu Organisasi.
Latar Belakang
Dalam rangka mendukung program Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yaitu Kesempurnaan maka Kementerian Keuangan selalu melakukan terobosan-terobosan untuk melayani seluruh Stakeholders salah satunya melakukan pengembangan SDM dengan melaksanakan GKM yang mendukung kelancaran pelaksanaan tupoksi.
Kegiatan yang dilaksanakan untuk menunjang tercapainya sumber daya manusia yang handal yang mempunyai peranan penting dalam pencapaian tujuan organisasi sebagai ujung tombak dari berjalan atau tidaknya kegiatan yang dilakukan oleh Organisasi salah satunya GKM, Acara GKM disampaikan oleh Ibu Fitra Dayana selaku Narasumber yang menyampaikan tentang Implementasi Aplikasi Nadine, diperlukan sebuah wahana guna meningkatkan SDM seluruh pegawai.
Kinerja organisasi merupakan indikator tingkatan prestasi yang dapat dicapai dan mencerminkan keberhasilan organisasi dalam mengelola SDM.
Organisasi dituntut untuk dapat meningkatkan kinerja pegawai,oleh karena itu, mengelola Pegawai yang berjumlah ratusan untuk skala nasional bukan merupakan perkara yang mudah, jika dilihat dari karakteristik individu, perspektif budaya yang beraneka ragam atau berbeda-beda satu dengan yang lain. Sehingga dibutuhkan kemampuan dan ketrampilan yang kuat dalam mencetak kader-kader yang mampu menghasilkan kinerja yang optimal bagi Organisasi.
Maksud dan Tujuan
Maksud
Mendukung program Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yaitu Kesempurnaan dengan selalu meningkatkan SDM guna menunjang tupoksi sehari-hari untuk melayani seluruh Stakeholders.
Tujuan mendukung Implementasi Office Automation dan mendukung efektivitas dan efisiensi penggunaan satu aplikasi persuratan Kemenkeu.
Ruang Lingkup
KPPN Solok
Dasar
-
a. Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 36/PMK.01/2018 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas di Lingkungan Kementerian keuangan;
b. Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 63/PMK.01/2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Kementerian keuangan.
- Kegiatan Yang Dilaksanakan GKM Implementasi Nadine yang diadakan pada hari Kamis, 2 April 2020 dengan Narasumber Ibu Fitra Dayana selaku Staff Subbag Umum (PPNPN)
Hasil Yang Dicapai
Pegawai memahami pentingnya meningkatkan SDM sebagai implementasi Nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu Kesempurnaan salah satunya persuratan sekarang ada aplikasinya dan seluruh pegawai mampu membuat surat pada aplikasi Nadine.
Simpulan dan Saran
Simpulan :
Nadine merupakan system informasi pengelolaan naskah dinas berbasis web, menggunakan internet untuk merekam, menyimpan, memproses dan menyajikan informasi naskah dinas di lingkungan Kementerian Keuangan yang dapat disempurnakan dan pembaharuan fitur dan bug fixing sesuai dengan kebutuhan dari organisasi pengguna.
Saran :
Seluruh pegawai KPPN Solok dapat membuat naskah dinas khususnya tujuan surat ke Kanwil Ditjen Perbendaharaan dan Kantor Pusat menggunakan aplikasi Nadine.
Demikian gambaran singkat mengenai GKM Implementasi Nadine pada KPPN Solok yang membahas pengenalan awal Nadine dan tata cara pembuatan naskah dinas.