Jl. Sultan Muhammad Syah, Gedung Kanwil DJPb Provinsi Kepulauan Riau, Dompak

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Sosialisasi Potensi Investasi Daerah

Pada hari Selasa tanggal 17 Mei 2022, dilaksanakan Sosialisasi Potensi Investasi Daerah. Sosialisasi ini merupakan upaya Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepri untuk memetakan potensi investasi daerah di Provinsi Kepri, hal ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian Provinsi Kepri melalui invstasi. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kanwil DJPb Kepri dengan Direktorat Sistem Manajemen Investasi dan PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero). Sebagai undangan pada kegiatan ini adalah Sekretaris Daerah Provinsi/Kota/Kabupaten lingkup Kepri dan Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Daerah lingkup Provinsi Kepri.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan Welcoming Speech oleh Kepala Kanwil DJPb Kepri, Bapak Indra Soeparjanto. Dalam sambutannya Kepala Kanwil menyampaikan peluang investasi di daerah masih terbuka sangat lebar yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah dan pemenuhan layanan dasar masyarakat. Peluang investasi yang terkadang masih menghadapi kendala dan hambatan di level Pemerintah Daerah, untuk dapat mewujudkan peluang investasi menjadi nyata. Hambatan yang dihadapi dapat berupa keterbatasan dana, keterbatasan instrumen investasi maupun penyusunan analisis kelayakan investasi tersebut.

Dengan diundangkannya Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2019 tentang investasi pemerintah, maka Pemerintah dapat melakukan investasi pada berbagai instrumen yakni Saham, Surat Utang dan Investasi Langsung. Dengan demikian Pemerintah dapat melakukan investasi di daerah yang memiliki potensi dan kelayakan investasi untuk memperoleh manfaat ekonomi, sosial dan manfaat lainnya guna mewujudkan tujuan dari investasi.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari Narasumber dari Dit.SMI, Bapak Iman Widhiyanto - Kepala Subdit Investasi Pemda/BUMD, Direktorat SMI. Paparan yang dilanjutkan oleh perwakilan PT.SMI yakni Bapak Erdian Dharmaputra – Kepala Divisi Pembiayaan Publik 1 dan Bapak Joan Juliandi Tampubolon – Team Leader Pembiayaan Publik PT.SMI. Dalam paparannya disampaikan Nota Kesepahaman antara Direktorat Jenderal Perbendaharaan dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) tentang Kerjasama dalam mendukung Peningkatan Aksebilitas Pinjaman Daerah untuk Pembiayaan Infrastruktur, tujuannya adalah untuk meningkatkan peran dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi daerah dan regional dengan meningkatkan akses Pemerintah Daerah atas Pinjaman Daerah untuk Pembiayaan Infrastruktur. Harapannya dengan pengembangan infrastruktur di daerah yang didukung oleh Pemerintah dan PT. SMI, dapat mempercepat perkembangan ekonomi di daerah.

Berita Terbaru

video

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search