Berita

Seputar Kanwil DJPb

Bimbingan Teknis Pelaksanaan End User Training (EUT) Sakti Web Modul Administrator dan Penganggaran - KPPN Merauke

Merauke (DJPb) – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Merauke telah mengadakan bimbingan teknis (bimtek) Pelaksanaan End User Training (EUT) Sakti Web Modul Administrator dan Penganggaran yang bertempat di Aula KPPN, Merauke.

Bimtek ini dilaksanakan pada tanggal 25 November 2019 - 27 November 2019 yang diikuti oleh para admin aplikasi dan staf perencanaan anggaran pada setiap satuan kerja di lingkup KPPN Merauke.

Bimtek ini diawali dengan pengarahan, Kepala KPPN Merauke, I Made Ambara Sugama dan Kepala Seksi MSKI, Aloysius Prastowo Setyonugroho.

"Bimtek kali ini merupakan bagian perbaikan pengelolaan keuangan negara dalam bentuk penerapan teknologi informasi pada pelaksanaan anggaran," demikian disampaikan Kepala KPPN Merauke, I Made Ambara Sugama, dalam pengarahannya.

I Made Ambara Sugama juga menyebutkan, dari 16 ribu lebih Satker yang ada di seluruh Indonesia, 92 persen belum mempunyai email kedinasan, karena belum ada kesadaran para Satker tentang keamanan data. KPPN Merauke mendorong para satker yang ada di wilayah kerjanya untuk budayakan atau utamakan keamanan data negara dengan menggunakan aplikasi Sakti.

Dalam penerapan SAKTI berbasis web ini, pengguna diwajibkan menggunakan e-mail kedinasan yang diterbitkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang sudah melakukan MoU dengan Kementerian Keuangan dan akan membantu mebuka email baru sekaligus diberikan User dan Pasword. Penggunaan aplikasi ini akan mendukung tata kelola keuangan yang lebih baik, yang mampu mengakomodasi pengelolaan keuangan dari tingkat satker sampai tingkat kementerian. SAKTI juga mampu mengintegrasikan proses pengelolaan keuangan dari penganggaran sampai dengan pelaporan menggunakan satu database.

Kepala Seksi MSKI, Aloysius Prastowo dalam pengarahannya menyampaikan bahwa bimtek ini sebagai langkah awal pihaknya memberikan materi pelatihan SAKTI Web dalam hal modul administrator dan modul penganggaran. Dengan menguasai modul administrator dan penganggaran ini, peserta nantinya akan terampil menyusun rencana kerja anggaran dan melakukan revisi DIPA.

“Melalui pelaksanaan bimtek ini, maka pada tahun anggaran 2020 nanti semua satuan kerja cukup dengan satu aplikasi SAKTI ini dapat menyusun Rencana Kerja Anggaran dan melakukan revisi DlPA”, terangnya.

Kegiatan ini diisi oleh pemateri dari CSO KPPN Merauke, Syaiful Dwi Nugroho yang telah mendapatakan pembekalan sebelumnya.

(J)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

SALURAN PENGADUAN

IKUTI KAMI

Search