Jalan P. Diponegoro Nomor 46, Kota Tarakan

Expose Kinerja APBN Semester I Tahun 2022

KPPN Tarakan telah melaksanakan kegiatan "Expose Kinerja APBN, Penghargaan IKPA Awards, dan Asistensi Penyusunan Laporan Keuangan" pada hari Kamis, 11 Agustus 2022 yang dihadiri oleh satuan mitra kerja lingkup KPPN Tarakan.



Acara dibuka oleh Bapak Joko Santoso selaku Kepala KPPN Tarakan dengan membawakan materi mengenai Kinerja Pelaksanaan APBN sampai dengan periode semester 1 tahun 2022. Perkembangan kinerja penyerapan anggaran tahun ini meningkat sebesar 8,05% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Peningkatan kinerja penyerapan didorong oleh kenaikan realisasi belanja barang sebesar 5,24% dan belanja modal sebesar 11,5% sedangkan untuk belanja pegawai tetap stabil.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Evaluasi LKKL 2021 dan Current Issue Penyusunan LK 2022 yang dipandu oleh Ibu Yuni Yunarlis selaku Kepala Seksi Verifikasi, Akuntansi, dan Kepatuhan Internal. Sampai dengan tahun 2021, LKPP telah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 6 kali berturut-turut sejak tahun 2016.

Selain itu, Bapak Eko Siyam Budiyanto selaku Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker juga menyampaikan betapa pentingnya IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran) dalam pengelolaan keuangan untuk mewujudkan good governance. IKPA saat ini telah terbukti efektif meningkatkan perhatian K/L terhadap tata kelola pelaksanaan anggaran yang dibuktikan dengan semakin membaiknya tingkat kepatuhan K/L terhadap regulasi pelaksanaan anggaran, dan peningkatan kinerja 8 indikator pada IKPA sebagaimana diatur dalam Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-5/PB/2021 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Belanja Kementerian
Negara/Lembaga.



Di samping itu, KPPN Tarakan juga akan memberikan penghargaan kepada Satuan Kerja yang memiliki kinerja terbaik.
a. Kategori pagu besar (di atas Rp20 Miliar) : Satker Distrik Navigasi Tarakan.
b. Kategori pagu sedang (Rp2,5 Miliar s.d. Rp20 Miliar) : KPPBC Tipe Madya Pabean B Tarakan.
c. Kategori Pagu Kecil (Kurang dari Rp2,5 Miliar) : KPKNL Tarakan.
d. Kategori Kepatuhan Penyampaian LPJ Bendahara : KPPBC Tipe Madya Pabean B Tarakan

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tarakan
Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 46, Kota Tarakan
Telepon (0551) 21027

Search