Jln. HOS Cokroaminoto No.22, Kec. Semanding, Kab. Tuban 62381

Berita

Seputar KPPN Tuban

AKSI PEDULI PADA WARGA BINAAN WANITA LAPAS TUBAN SEBAGAI AKSI NYATA IMPLEMENTASI PENGARUSUTAMAAN GENDER PADA KPPN TUBAN

 

 

Dalam rangka implementasi pembangunan Pengarusutamaan Gender (PUG) pada KPPN Tuban, KPPN Tuban berkolaborasi dengan Satker Lapas Tuban menyelenggarakan program implementasi PUG berupa kegiatan aksi peduli bersama warga binaan wanita Lapas Tuban pada hari Selasa (23/04).

Kegiatan ini bertajuk "Kartini dan Kesetaraan Gender". Kepala KPPN Tuban, Martina Sri Mulyani dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Kartini tahun 2024. Dalam pejelasan awal beliau menegaskan mengenai konsep umum tentang pengarusutamaan gender (PUG), dimulai dari pengertian gender itu sendiri kerap kali disalahartikan hingga mengenai Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) oleh Duta PUG. Selanjutnya beliau memaparkan terkait dengan implementasi kebijakan responsif gender yang telah diterapkan di Kementerian Keuangan umumnya dan KPPN Tuban pada khususnya, baik dibidang sarana prasarana, perencanaan dan penganggaran serta kebijakan SDM.

Kegiatan ini meupakan implementasi dari pembangunan Pengarusutamaan Gender (PUG) pada KPPN Tuban sebagai tindak lanjut pelaksanaan Inpres Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional dan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 807/KMK.01/2018 tentang Pedoman Implementasi Pengarusutamaan Gender di Lingkungan Kementerian Keuangan dan SE Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor SE-116/PB/2017.

Atas nama Lapas Tuban, Edi Kuhen selaku Kepala menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian yang diberikan kepada warga binaan wanita Lapas Tuban. Semoga dengan kegiatan ini bisa menambah pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat ketika mereka sudah kembali ke masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi terkait gender oleh Duta PUG KPPN Tuban, Ibu Nunik Andriyani. Kemudian dilanjutkan lomba bertemakan PUG dan WBP Wanita Gembira. Pada kesempatan tersebut Kepala KPPN Tuban bersama dengan Kepala Lapas melihat hasil karya warga binaan baik berupa makanan maupun kerajinan. Pada kesempatan itu juga Kepala KPPN Tuban menyerahkan piagam apresiasi terhadap sinergi dan kerjasamanya. Diharapkan kedepannya kerjasama ini akan terus terjalin diantara KPPN Tuban dengan Lapas Tuban.

Diharapkan dari kegiatan pada hari ini terwujudnya kesetaraan gender pada masyarakat. Kesamaan kesempatan dan peluang, kesetaraan dalam penghargaan dan penghormatan, serta keseimbangan dalam partisipasi dan representasi harus terefleksi pada seluruh aspek pembangunan. 

 

     

  

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search