Gedung Prijadi Praptosuhardjo III Lantai 3. Jalan Dr. Wahidin II Nomor 3 Jakarta

Pelaksanaan roll out SAKTI ditandai dengan pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM) belanja pegawai (Gaji Induk/Penghasilan Pegawai) Bulan Januari TA 2022 yang dihasilkan melalui SAKTI dan disampaikan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) oleh Satker K/L. Kemudian dalam rangka penyusunan laporan keuangan atas semua pelaksanaan anggaran yang telah dilakukan melalui SAKTI, diperlukan sebuah proses migrasi data dari aplikasi eksisting untuk mendapatkan saldo awal pada modul persediaan, modul aset tetap, dan modul akuntansi dan pelaporan.

Agar pelaksanaan proses migrasi dan penyusunan LK melalui SAKTI tersebut dapat berjalan dengan lancar, Sumber Daya Manusia pada Kanwil DJPb dan KPPN, khususnya pada tingkat manajerial yang akan terlibat secara langsung dalam pengawalan roll out perlu dibekali pengetahuan sekaligus informasi terkini mengenai SAKTI. Berkenaan dengan hal itu, Direktorat SITP mengadakan kegiatan Manajerial Training SAKTI Tahun 2022 dengan mengundang Kepala KPPN dan Kabid PAPK Kanwil DJPb dari seluruh Indonesia yang dilaksanakan secara bertahap dalam dua batch. Managerial Training SAKTI Tahun 2022.
Kegiatan training dilaksanakan secara klasikal, meliputi pemaparan materi dan persiapan migrasi data saldo awal dalam rangka penyusunan laporan keuangan. Materi yang disampaikan dalam Manajerial Training SAKTI Tahun 2022 ini antara lain terkait:
a. Publikasi Informasi dan Data DJPb;
b. Treasury Big Data;
c. Tahapan Implementasi SAKTI Modul Pelaporan Tahun 2022;
d. MonSAKTI untuk Mengawal Implementasi SAKTI Kelompok Modul Pelaporan;
e. Inovasi Layanan Dit. SITP;
f. Dampak Data Anomali BMN terhadap LK dan Tidak Lanjut Penyelesaiannya;
g. Mekanisme Rekonsiliasi Pasca Roll Out SAKTI;
h. Konsolidasi Laporan Keuangan Dalam Penerapan SAKTI.

 

Pembukaan oleh Direktur SITP

Keynote Speech oleh Direktur APK

Beberapa hasil yang dicapai yakni sebagai berikut:
a. Tersampaikannya kepada para peserta manager level mengenai beberapa critical point terkait persiapan penerapan SAKTI Modul Pelaporan yang akan dilaksanakan oleh KPPN dan Kantor Wilayah DJPb pada tahun 2022 seperti pemantauan progres penyelesaian K3 pada satker mitra kerja, pelaksanaan migrasi saldo awal ke SAKTI, dan penyusunan laporan keuangan pada SAKTI.
b. Terjadi peningkatan pemahaman para peserta manager level terhadap materi-materi yang disampaikan. Rata-rata hasil post-test pada kedua Batch adalah sebesar 83.52, dari rata-rata hasil pre-test yang sebelumnya sebesar 51.69. Sehingga, dapat disimpulkan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan para manager level mengenai aplikasi SAKTI khususnya modul pelaporan.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan
Gedung Prijadi Praptosuhardjo III Lantai 2
Jalan Dr. Wahidin II Nomor 3 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090 Email : hai.djpb@kemenkeu.go.id
Tel: 021-352.4553 Fax: 021-351.6976

IKUTI KAMI

Search