Jalan Asia Afrika No.114 Bandung, Gedung Keuangan Negara Bandung, Gedung "K" Lantai 1

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Focus Group Discussion “Roll Out SAKTI”

 

 

 

       Pada hari Kamis tanggal 27 Mei 2021, KPPN Bandung I mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Pembuatan User SAKTI”. FGD ini bertempat di Aula KPPN Bandung I dan dihadiri oleh dihadiri Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)/Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) serta Operator dari 56 satuan kerja Kategori Mega Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan Kementrian Hukum dan HAM (Kemenhumham) mitra KPPN Bandung I.

       Kegiatan FGD dibagi menjadi 2 sesi berdasarkan peserta yang hadir. Pada sesi 1, diskusi dilakukan dengan satuan kerja Polri yang dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada 12.00 WIB. Sedangkan untuk sesi 2, diskusi dilakukan dengan satuan kerja Kemenkumham yang dimulai pada pukul 13.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Acara ini dilakukan secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

       Acara diawali dengan pembukaan dan arahan oleh Plt Kepala KPPN Bandung I, Dadan Koswaran yang menyampaikan latar belakang pelaksanaan FGD Roll-Out SAKTI. Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh Fungsional, Asep Supriyadi dan Faizal Hamdani. Narasumber menyampaikan hal terkait pendaftaran user SAKTI, pemetaan user SAKTI, dan pengaktifan OTP (One Time Password). Selain itu diskusi juga diadakan dengan tujuan untuk mengetahui kesiapan serta tantangan dan hambatan dalam implementasi SAKTI. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam implementasi SAKTI di antaranya ketersediaan jaringan, koneksi internet yang cepat, dan kecukupan SDM yang kompeten.


 

       SAKTI merupakan sebuah aplikasi pengelola keuangan negara yang terintegrasi secara terpusat dengan menggunakan single database. Hal ini tentunya memudahkan dalam pengelolaan keuangan negara, juga sebagai suatu langkah simplifikasi dan digitalisasi keuangan negara.

       KPPN Bandung I berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pemahaman mengenai implementasi SAKTI kepada satuan kerja mitra KPPN Bandung I. KPPN Bandung I juga meminta komitmen dan dukungan dari segenap KPA masing-masing satker terhadap keberhasilan penyempurnaan sistem pengelolaan keuangan negara yang modern melalui implementasi SAKTI.

 

Ditulis oleh : Talitha Vania Azaria (OJT Kelompok 17)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search