Jalan Asia Afrika No.114 Bandung, Gedung Keuangan Negara Bandung, Gedung "K" Lantai 1

Berita

Seputar Kanwil DJPb

REPLIKASI APLIKASI SPA DAN SIPORTAL

KPPN Bandung tularkan inovasi untuk raih predikat WBBM

 Sabtu, 23 Oktober 2021 16:45 WIB

Kepala KPPN Bandung Hermawan Sukoasih melakukan penandatanganan MoU bersama KPPN Karawang dan KPPN Kuningan. (ANTARA/HO-KPPN Bandung)

Bandung (ANTARA) -

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bandung I berupaya menularkan inovasi ke KPPN lainnya terkait langkah-langkah reformasi birokrasi guna meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

 

Kepala KPPN Bandung Hermawan Sukoasih mengatakan ada dua inovasi yang dibangun oleh KPPN Bandung I dan telah direplikasi oleh KPPN Kawarang dan KPPN Kuningan yakni Si Portal dan SPA.

 

"Langkah yang telah dilakukan oleh KPPN Bandung I adalah membuat inovasi untuk meningkatkan pelayanannya baik internal maupun eksternal," kata Hermawan di Bandung, Jawa Barat.

 

Dia menjelaskan Si Portal merupakan akronim dari Sistem Pelaporan Terpadu Layanan Perbendaharaan. Inovasi tersebut menurutnya memberikan kemudahan kepada bendahara seluruh instansi untuk menyampaikan laporan.

 

"Yang sebelumya harus disampaikan beserta hardcopynya, dengan Si Porta, satker instansi pemerintah cukup menyampaikan PDF melalui Si Portal sehingga hal ini sangat mendukung program Go Green dan Paperless," kata dia.

 

Lalu dia menjelaskan SPA merupakan singkatan dari Sistem Pengingat Absen. Hal itu menurutnya merupakan inovasi KPPN Bandung I yang digunakan untuk mengingatkan seluruh pegawai melakukan absensi tepat waktu.

 

"Dengan SPA seluruh pegawai KPPN Bandung I relatif tidak melupakan absen yang sebelumnya terjadi lupa absen oleh beberapa pegawai," katanya.

 

Adapun kedua inovasi itu secara resmi ditularkan melalui penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Kepala KPPN Bandung I dengan Kepala KPPN Kuningan dan Kepala KPPN Karawang pada Jumat (22/10) lalu.

 

Menurut Hermawan inovasi yang direplikasi itu harus dapat meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) serta meningkatkan pelayanan publik.

 

Sementara itu, Kepala KPPN Karawang Haryono mengatakan pihaknya mereplikasi inovasi tersebut merupakan bentuk dukungan KPPN Karawang kepada KPPN Bandung I untuk meraih predikat WBBM.

 

"Mengingat inovasi Si Portal dan SPA sangat bagus dan penting untuk meningkatkan layanan publik serta layanan internal," katanya.

 

Senada dengan itu Kepala KPPN Kuningan Abu Said Maha mengatakan bahwa mereplikasi Si Portal dan SPA merupakan bentuk nyata dukungan kepada KPPN Bandung I.

 

"Kami mengharapkan agar KPPN Bandung I dapat terus melakukan inovasi selanjutnya untuk meningkatkan pelayanan publik," katanya.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search