REALISASI APBN LINGKUP KPPN BENGKULU
PERIODE S.D. APRIL 2025
JL. Soekarno-Hatta No. 01, Kota Bengkulu - 38222
REALISASI APBN LINGKUP KPPN BENGKULU
PERIODE S.D. APRIL 2025
REALISASI APBN LINGKUP KPPN BENGKULU
PERIODE s.d. MARET 2025
![]() |
![]() |
Berdasarkan data pada OM-SPAN, Realisasi APBN lingkup KPPN Bengkulu periode s.d. 31 Maret 2025 telah terealisasi sebesar 20,46% sebagaimana rincian pada gambar di atas.
Hai, Sanak #InTress !
KPPN Bengkulu telah melaksanakan Survei Kepuasan Pengguna Layanan Semester II Tahun 2024 dengan nilai akhir 4,87 (Sangat Baik).
Nilai ini didapat dari 4 indikator yaitu Layanan Pencairan Dana, Layanan Konsultasi, Layanan Konfirmasi Penerimaan, dan Layanan Rekonsiliasi Laporan Keuangan.
Hasil Survei Kepuasan Pengguna Layanan ini tentunya menjadi pemantik semangat KPPN Bengkulu untuk dapat terus memberikan layanan terbaik kepada setiap stakeholdersnya.
Pada hari Senin, 10 Oktober 2022, KPPN Bengkulu melaksanakan FGD Implementasi Digipay dan Kartu Kredit Pemerintah pada Bank Rakyat Indonesia sebagai Mitra Kerja KPPN Bengkulu.
FGD dipimpin oleh Bapak Ady Wijaya Joanes Brebeuf selaku Kepala KPPN Bengkulu. Acara ini merupakan sarana koordinasi serta monitoring dan evaluasi terkait dengan implementasi digipay dan kartu kredit pemerintah pada Bank Rakyat Indonesia mitra kerja KPPN Bengkulu.
Acara dibuka dengan arahan dari Kepala KPPN Bengkulu, Bapak Ady Wijaya Joannes Brebeuf, terkait dengan latar belakang penggunaan digipay dan pelaksanaan kartu kredit pemerintah. Dilanjutkan pemaparan materi mengenai ekosistem pada digipay, efisiensi dan manfaat digipay, serta progress digipay.
Berikutnya, sesi diskusi dan tanya jawab oleh peserta FGD dengan kesimpulan sebagai berikut:
Dengan dilaksanakannya FGD Implementasi Digipay dan Kartu Kredit Pemerintah pada Bank Rakyat Indonesia Mitra Kerja KPPN Bengkulu, diharapkan bank mitra kerja KPPN Bengkulu dapat bersinergi dengan baik dengan KPPN Bengkulu dan mitra satuan kerja maupun desa untuk bersama-sama mempercepat penyaluran dana serta membangun daerah.
REALISASI APBN LINGKUP KPPN BENGKULU
PERIODE s.d. NOVEMBER 2024
REALISASI APBN LINGKUP KPPN BENGKULU
PERIODE s.d. OKTOBER 2024
Realisasi APBN s.d. bulan Oktober 2024 lingkup KPPN Bengkulu sebesar 76,67%. Realisasi ini meliputi belanja pegawai sebesar 87,74%, belanja barang 57,93%, belanja modal 64,41%, belanja bansos sebesar 83,63%, dan belanja transfer sebesar 84,52%.
Adapun belanja transfer meliputi dana transfer ke daerah dan dana desa. Transfer ke daerah meliputi dana insentif daerah, dana otsus dan keistimewaan, serta dana perimbangan yang terdiri atas dana transfer umum (Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Umum) dan Dana Transfer Khusus (DAK yang terdiri atas DAK Fisik dan DAK NonFisik).
Realisasi setiap komponen TKDD lingkuo KPPN Bengkulu s.d. Oktober 2024, sebagaimana pada tabel berikut.
(Sumber Data: OM-SPAN)
Hari Selasa, tanggal 27 Maret 2018, bertempat di ruang rapat KPPN Bengkulu, diselenggarakan acara "One On One Meeting Peningkatan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Triwulan I Tahun 2018" dengan Satker mitra KPPN Bengkulu yang terindikasi memiliki kualitas kinerja pelaksanaan anggaran anggaran yang rendah pada triwulan I Tahun 2018. Acara ini dilaksanakan sesuai Surat Sekretaris Ditjen Perbendaharaan Nomor: S-1730/PB.1/2018 tanggal 2 Februari 2018 hal Penyampaian Risiko Mandatory pada Kantor Wilayah DJPb dan KPPN.
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana penanganan risiko rendahnya kualitas kinerja anggaran, karena dengan adanya acara ini pihak KPPN dapat memperoleh gambaran kualitas kinerja pelaksanaan anggaran Satker, mengidentifikasi permasalahan - permasalahan dalam pelaksanaan anggaran K/L di tingkat satker, memberikan rekomendasi/masukan terkait penyelesaian masalah dalam pelaksanaan anggaran, mengupayakan peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran Satker pada triwulan berikutnya. Kualitas kinerja pelaksanaan anggaran anggaran diukur berdasarkan 10 indikator kinerja pelaksanaan anggaran, yaitu :
Acara dimulai pukul 10.00 WIB oleh Kepala Seksi Pencairan Dana, Bapak Ocim, dilanjutkan dengan penyampaian materi ringkas mengenai indikator kinerja pelaksanaan anggaran oleh Sdri. Zumrotus Sholichah. Pada sesi berikutnya ditampilkan kinerja pelaksanaan masing- masing Satker kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari masing- masing Satker terkait kondisi yang dihadapi Satker dalam pelaksanaan anggaran. Pemaparan dari pihak Satker ditampung dan ditanggapi satu per satu serta diberikan rekomendasi untuk perbaikan di kemudian hari.
Berdasarkan pemaparan Satker, kendala umum yang sering sekali dijumpai adalah lemahnya perencanaan program dan kegiatan serta koordinasi antara bagian perencanaan dan pelaksana kegiatan; keterlambatan pelaksanaan kegiatan, diantaranya karena menunggu SK Pejabat atau adanya pergantian pejabat, menunggu revisi anggaran (termasuk karena pagu minus); keterlambatan pembayaran atau sampainya pembayaran kepada pihak yang berhak akibat kurangnya ketelitian satker dalam menginput data nama dan nomor rekening; keterlambatan pengajuan dokumen oleh pihak ketiga karena tidak dipatuhinya ketentuan dalam PMK-190/PMK.05/2012.
(kontributor: Zumrotus Sholichah)