Untuk mendukung peningkatan implementasi layanan di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang telah ditetapkan sebagai salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) yang harus dicapai yaitu IKU Indeks Kepuasan Satker terhadap Layanan KPPN. Sesuai dengan Surat Sekretaris Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor S-4160/PB.1/2018 tanggal 14 Mei 2018 Hal Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat Lingkup Kantor Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan Tahun 2018 dan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1329/KMK.01/2015 tentang Pedoman Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Lingkungan Kementerian Keuangan. KPPN Bogor telah melaksanakan survey ke sejumlah satuan kerja mitra kerja. Survey dilaksanakan menggunakan metode sampling dengan cara penyebaran kuesioner kepada minimal 30 % responden dari jumlah satuan kerja yang dilayani KPPN.
Survey Kepuasan Pengguna Layanan KPPN mengukur tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan mitra kerja KPPN terhadap 5 (lima) jenis layanan antara lain :
- Kinerja Layanan Pencairnan Dana
- Kinerja Layanan Bimbingan dan Konsultasi
- Kinerja Layanan Konfirmasi Surat Setoran
- Kinerja Layanan Rekonsiliasi Laporan Keuangan
- Kinerja Sarana dan Prasarana.
INDEKS KEPUASAN SATKER TERHADAP LAYANAN KPPN BOGOR TAHUN 2018
Indeks Kepuasan Satker terhadap Layanan KPPN diukur hanya berdasarkan perhitungan tingkat kepuasan responden terhadap layanan yang diberikan KPPN Bogor. Adapun hasil tingkat kepuasan yang diperoleh dari survey tersebut sebagai berikut :
No |
Aspek/Criteria |
Nilai |
1 |
Kinerja Layanan Pencairan Dana |
4.59 |
2 |
Kinerja Layanan Bimbingan dan Konsultasi |
4.61 |
3 |
Kinerja Layanan Konfirmasi Surat Setoran |
4.59 |
4 |
Kinerja Layanan Rekonsiliasi LK |
4.63 |
5 |
Sarana dan Prasarana |
4.58 |
Total Rata-rata |
4.60 |
INDEKS KEPUASAN MAYARAKAT TAHUN 2018
Tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan digunakan untuk menghitung Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja layanan publik dan sebagai bahan evaluasi untuk menetapkan kebijakan dan langkah perbaikan layanan kedepan. Berdasarkan hasil survey yang telah dilaksanakan tersebut, diperoleh nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Tahun 2018 sebesar 0.92. Mengacu pada Kriteria Nilai Customer Satisfaction Index hasil tersebut menunjukkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap KPPN Bogor sangat puas. Kriteria nilai Customer Satisfaction Index sebagai berikut:
Nilai CSI |
Kriteria CSI |
0.81 - 1.00 |
Sangat Puas |
0.66 - 0.80 |
Puas |
0.51 - 0.65 |
Cukup Puas |
0.35 - 0.50 |
Kurang Puas |
0.00 - 0.34 |
Tidak Puas |
KPPN Bogor menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas partisipasi dan kontribusi segenap pemangku kepentingan baik dalam pelaksanaan survey maupun dalam upaya mewujudkan layanan perbendaharaan yang prima, dan bebas dari biaya.