Sen - Jum 08:00 s.d. 17:00

Artikel

Artikel KPPN Bukittinggi

Pengalaman PKL Mahasiswa PKN STAN di KPPN Bukittinggi 2022

 

 

Pada Februari 2022, KPPN Bukittinggi menerima tujuh orang Mahasiswa PKN STAN dalam rangka melaksanakan  Praktik Kerja Lapangan (PKL). Praktik Kerja Lapangan ini dilaksanakan selama 8 minggu mulai dari tanggal 14 Februari 2022 sampai dengan 8 April 2022.

Berikut daftar nama mahasiswa yang melakukan PKL di KPPN Bukittinggi:

  1. Anshar Al Kamil Syahrul (D3 Akuntansi);
  2. Fuadi Ramayesa (D3 Akuntansi);
  3. Rahmat Diky Septrata (D3 Akuntansi);
  4. Ratih Suryani (D3 Akuntansi);
  5. Oktavya Angryny (D3 Akuntansi);
  6. Fadhly Rahman (D3 Kebendaharaan Negara); dan
  7. Yumna Rifdah Nazita (D3 Akuntansi)

Berdasarkan pengalaman beberapa mahasiswa, pada saat berkuliah di PKN STAN, yang mereka ketahui pertama kali tentang tugas dan fungsi KPPN hanya sebatas pengujian resume tagihan dan  SPM (Surat Perintah Membayar), penerbitan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana), Menyusun laporan konsolidasian oleh KPPN selaku kuasa BUN, dan lain-lain.

Setelah memasuki KPPN Bukittinggi mahasiswa memahami bahwa ternyata ada beberapa seksi yang menangani tugas dan fungsi tersebut. KPPN Bukittinggi memiliki empat seksi yaitu:

  1. Seksi Pencairan Dana (PD);
  2. Seksi Bank;
  3. Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal (MSKI); dan
  4. Seksi Verifikasi dan Akuntansi (Vera).

Tidak hanya itu, mahasiswa juga baru mengetahui bahwa ternyata pada KPPN juga terdapat satu subbagian yaitu subbagian umum dimana salah satu fungsinya adalah mengelola organisasi, kinerja, Sumber Daya Manusia (SDM), dan keuangan.

Sebelumnya aplikasi yang familiar bagi mahasiswa hanya aplikasi SAKTI dan SPAN, dimana aplikasi SAKTI digunakan oleh KPPN selaku satker dan aplikasi SPAN digunakan oleh KPPN selaku kuasa BUN. Namun pada kenyataannya, ada banyak aplikasi yang digunakan oleh KPPN untuk mendukung kinerja mereka.

Pada subbagian umum, mahasiswa mempelejari beberapa aplikasi seperti HRIS, SiLAP, OA Kemenkeu, dan PbnOpen.

  • HRIS

HRIS adalah sebuah aplikasi untuk kepegawaian yang terintegrasi yang didalamnya terdapat kumpulan data pegawai mulai dari data pribadi, jabatan pegawai, hingga data gaji. Aplikasi ini membantu untuk mempermudah pengelolaan data dan akses ke data pegawai saat dibutuhkan sehingga dengan adanya aplikasi ini menjadi lebih efisien dan efektif.

  • SiLAP

SiLAP adalah aplikasi yang digunakan oleh KPPN untuk merekap absensi pegawai yang berasal dari e-djpb, henki, dan OA kemenkeu. Rekap absensi pegawai ini membantu pegawai bagian kepegawaian dalam merekap lembur pegawai, uang makan pegawai, serta tunjangan kinerja pegawai.

Pada saat PKL berlangsung mahasiswa PKL ditugaskan untuk merekap tunjangan kinerja. Data yang dibutuhkan untuk rekap tunjangan kinerja ini adalah data cuti pegawai yang dapat diakses dari aplikasi HRIS dan surat Dinas Luas (DL) yang dapat diakses dari NADINE.

  • OA Kemenkeu

Salah satu fitur OA Kemenkeu adalah fitur NADINE. Fitur ini berguna sebagai aplikasi persuratan naskah dinas mulai dari pembuatan naskah dinas oleh staf sampai dengan ditandatanganinya surat dinas oleh eselon tiga (Kepala kantor KPPN). Penandatanganan ini dilakukan secara elektronik (digital signature).

Peluncuran aplikasi ini merupakan salah satu Langkah dari kemenkeu untuk mengurangi penggunaan kertas (less paper).

  • PbnOpen

PbnOpen adalah aplikasi pengelolaan sumber daya manusia di lingkungan Ditjen Perbendaharaan. aplikasi ini hanya dapat diakses oleh pegawai di lingkungan Ditjen Perbendaharaan dengan menggunakan jaringan internal Kementerian Keuangan.

Setiap mahasiswa ditempatkan pada seksi yang berbeda dan di-rolling setiap minggu. Setelah kurang lebih beberapa minggu mahasiswa telah mempelajari, memahami cara kerja dan mengerjakan tugas pada seksi bersangkutan, dan mahasiswa mulai memahami tugas masing-masing seksi seperti: Pengujian resume tagihan dan SPM dilakukan oleh Seksi Pencairan Dana, Penerbitan SP2D dilakukan oleh Seksi Bank, Menyusun laporan konsolidasian  dan LPJ dilakukan oleh Seksi Vera sebagai KPPN selaku kuasa BUN, Asistensi stakeholder dan pengawasan internal dilakukan oleh Seksi MSKI.

Menurut wawancara dengan koordinator kelompok mahasiwa PKL, berikut adalah pesan dan kesan yang disampaikan “Ucapan terima kasih kepada seluruh pegawai KPPN Bukittinggi yang telah menyambut kami mahasiswa PKL dengan hangat dan memberikan kami tempat di kantor KPPN Bukittinggi ini terkhusus kepada pembimbing kami yang telah membimbing dan memberikan masukan jika yang kami lakukan tidak sesuai dengan seharusnya.Kemudian kami juga sangat terkesan dengan keramahan pegawai KPPN Bukittinggi kepada kami sehingga kami berasa sangat nyaman dan merasa dekat satu sama lain dengan pegawai. Selanjutnya pegawai KPPN Bukittinggi juga memberikan banyak hal terutama mengenai bagaimana realisai ilmu yang telah dipelajari selama ini di dunia perkuliahan dan juga banyak nasehat yang diberikan terutama mengenai bagaimana menghadapi tantangan didunia pekerjaan nantinya, dan bagi saya pribadi setelah PKL KPPN Bukittinggi banyak bekal yang saya dapat terutama mengenai penerapan nilai-nilai Kementerian Keuangan terutama integritas”

Kemudian kami berharap para pegawai KPPN Bukittinggi senantiasa diberikan kesehatan agar kita dapat menjalin hubungan silaturrahim kedepannya dan saling menjaga hubungan silaturrahim ini walaupun nanti kami tidak PKL lagi di kantor ini. Kami juga berharap para pegawai  KPPN Bukittinggi selalu ingat dengan kami, dan kami akan selalu ingat dengan impresi-impresi yang diberikan kepada kami dan harapan kami terhadap kantor ini ialah semoga kantor ini semakin maju kedepannya dan selalu menjaga nilai-nilai Kementerian Keuangan.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Kementerien Keuangan RI
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bukittinggi
Jl. Profesor Hazairin No. 1 Bukittinggi
Tel : 0752 - 21255, 21306  Fax : 0752-21306
email : kppnbkt9@gmail.com

 

IKUTI KAMI

 

Search