Sen - Jum 08:00 s.d. 17:00

Artikel

Artikel KPPN Bukittinggi

Manfaat APBN bagi Masyarakat Bukittinggi Sekitarnya

 

APBN adalah pengelolaan keuangan negara setiap tahun yang ditetapkan dengan undang-undang yang dilaksanakan secara terbuka dan bertanggung jawab serta ditujukan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. APBN mempunyai tujuan untuk mengatur pendapatan dan pengeluaran negara, meningkatkan produksi dan kesempatan kerja serta peningkatan pertumbuhan ekonomi dapat tercapai sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terpenuhi.

APBN bisa menjadi alat untuk mengontrol kegiatan pemerintah, sehingga ada acuan yang jelas mengenai pengeluaran maupun pendapatan negara dalam kurun waktu satu tahun. Pada tahun 2020, APBN menjadi instrumen utama dalam upaya penanganan Covid-19  dan pemulihan ekonomi nasional yang sampai saat ini masih berlanjut.

Saat ini APBN dirancang untuk dapat memastikan bahwa perekonomian dapat terus bergerak walaupun di tengah berbagai tantangan, termasuk penanganan pandemic Covid-19 sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan Indonesia yang sejahtera, adil, dan Makmur.

APBN dihadirkan untuk menjaga serta melindungi masyarakat dari dampak pandemic Covid-19 melalui penyaluran Bantuan Sosial (Bansos). Program ini memiliki dampak yang cukup besar bagi masyarakat di Bukittinggi dan sekitarnya karena dengan adanya Bansos, masyarakat bisa menyambung hidupnya karena pada masa pandemic ada banyak kepada keluarga yang kehilangan pekerjaan, dan untuk masyarakat yang menyambung hidup dengan berdagang merasakan dampak yang sangat besar saat adanya pandemic sehingga omzet yang dihasilkan sehari bahkan tidak cukup untuk membiayai hidup keluarga mereka. Dengan adanya program bansos dari pemerintah, keluarga yang merasakan dampak pandemic covid-19 dapat menghidupi keluarga mereka sehingga masyarakat terlindungi dengan adanya program ini dari pemerintah.

Selain penyaluran Bantuan Sosial, APBN juga digunakan untuk program penanganan Kesehatan. Pada saat ini pemerintah sedang menggencarkan vaksinasi covid-19 secara massif. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19  sehingga aktivitas masyarakat tidak mengalami kendala berarti seperti pada awal Covid-19 masuk ke Indonesia yang berdampak pada perekonomian masyarakat Indonesia salah satunya berdampak pada masyarakat Bukittinggi sekitarnya.

Vaksinasi ini memiliki manfaat yang berarti bagi masyarakat Bukittinggi sekitarnya karena dengan adanya program ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat dan masyarakat tidak perlu terlalu takut terhadap Covid-19 dengan syarat tetap taat terhadap Protokol Kesehatan. Program ini dibiayia dengan APBN dan dengan adanya program ini, memiliki dampak jangka panjang pada perekonomian masyarakat Bukittinggi yang sudah mulai beraktivitas normal kembali seperti sebelum adanya pandemic covid-19.

Tidak hanya itu, dengan pembiayaan dari APBN, juga dilakukan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Program ini dilakukan pemerintah dengan memberikan insentif tenaga Kesehatan dan subsidi untuk dunia usaha termasuk UMKM. Program ini dilakukan agar perekonomian cepat membaik. Menurut AntaraSumbar, Pemkot Payakumbuuh menyediakan anggaran insentif tenaga Kesehatan Covid-19 yang mencapai Rp20 miliar. Insentif ini diberikan kepada para nakes karena mereka telah bekerja semaksimal mungkin dalam penanganan Covid-19. Insentif ini masih terus dilakukan dan diperpanjang sampai bulan Juni 2022. (sumber : https://rri.co.id/bukittinggi/ekonomi/1323066/pemerintah-perpanjang-insentif-kesehatan-hingga-akhir-juni-2022).

Subsidi yang diberikan oleh pemerintah untuk dunia usaha termasuk UMKM merupakan salah satu cara pemerintah untuk membantu dunia usaha, sehingga dengan adanya subsidi ini dapat membantu pedagang kecil dan menengah untuk mengembangkan usaha mereka di masa pandemic.

Kesimpulan dari tulisan ini adalah APBN memiliki banyak dampak yang berguna bagi masyarakat Bukittinggi dan sekitarnya seperti Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, dll. Diantara manfaat yang dirasakan oleh masyarakat Bukittinggi dan sekitarnya adalah penerimaan Bansos yang dapat membantu masyarakat menengah ke bawah bertahan hidup ditengah pandemic, vaksinasi yang dilakukan guna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, insentif Kesehatan yang bertujuan untuk memberikan semangat dan ucapan terima kasih kepada nakes yang sudah bekerja keras untuk menangani Covid-19, serta memberikan subsidi untuk dunia usaha termasuk UMKM untuk membantu pedagang kecil dan menengah dalam mengembangkan usahanya sehingga Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dapat berjalan dengan baik.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Kementerien Keuangan RI
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bukittinggi
Jl. Profesor Hazairin No. 1 Bukittinggi
Tel : 0752 - 21255, 21306  Fax : 0752-21306
email : kppnbkt9@gmail.com

 

IKUTI KAMI

 

Search