Jakarta

Berita

Seputar KPPN

Dirjen Perbendaharaan Dorong Akselerasi Pelaksanaan Anggaran 2022

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id,- DJPb berupaya terus mendorong percepatan realisasi anggaran K/L dengan berbagai inovasi dan inisiatif pengembangan sistem pelaksanaan anggaran, serta peningkatan kompetensi seluruh pengelola keuangan di satuan kerja melalui Standardisasi Pengelola Keuangan dan Pengelola Perbendaharaan yang terus dilakukan secara berkelanjutan.

“Kinerja positif pelaksanaan APBN dan pertumbuhan ekonomi di tahun 2021 merupakan buah hasil kerja keras Bapak/Ibu para pengelola keuangan dan pejabat perbendaharaan Kementerian/Lembaga,” ungkap Dirjen Perbendaharaan, Hadiyanto, dalam Kemenkeu Corpu Talk, Rabu (16/3).

 Hadiyanto pun menambahkan, tahun 2022 juga pasti memiliki tantangan tersendiri. Seperti diketahui, tahun 2022 merupakan tahun terakhir fleksibilitas ambang batas defisit APBN sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2020. Pada tahun 2023 nanti, defisit APBN akan kembali pada ambang batas defisit berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003, yaitu sebesar 3 persen.

“Selain melalui peningkatan pendapatan dan pengelolaan pembiayaan yang inovatif, konsolidasi fiskal tahun di tahun 2023 dapat diwujudkan melalui penguatan spending better atas belanja pemerintah. Di sini peran besar Bapak/Ibu para pengelola keuangan sangat dibutuhkan dalam memastikan seluruh anggaran yang dikuasakan mampu dipergunakan secara optimal dan tepat guna,” terang Hadiyanto.

Berbagai capaian positif di tahun 2021 tentu memberikan dampak baik bagi kinerja APBN di awal tahun 2022. Kinerja positif pelaksanaan APBN di 2021 sejalan dengan capaian pertumbuhan ekonomi domestik di tahun 2021 yang berhasil mencapai pertumbuhan positif 5,02 persen pada Kuartal IV 2021 atau 3,69 persen secara akumulatif di tahun 2021.

“Oleh karena itu saya sangat berharap agar Bapak/Ibu semua dapat mengakselerasi pelaksanaan anggaran di tahun ini. Namun tentu dengan tetap memperhatikan tata kelola keuangan yang baik, akuntabel, dan juga transparan,” pesan Hadiyanto.

Acara Kemenkeu Corpu Talk diselenggarakan secara live pada Youtube BPPK Kemenkeu RI. Pada kesempatan tersebut turut hadir Kepala BPPK, Andin Hadiyanto, yang kemudian acara dilanjutkan webinar “Strategi Percepatan Belanja Apbn Tahun 2022” dengan narasumber Direktur Advokasi Pemerintah Pusat, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, M. Aris Supriyanto dan Direktur Pelaksanaan Anggaran DJPb, Tri Budhianto.

 

Source : https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/berita/berita-nasional/3867-dirjen-perbendaharaan-dorong-akselerasi-pelaksanaan-anggaran-2022.html

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search