Jakarta

Berita

Seputar KPPN

Pastikan Pengelolaan Kinerja Selaras Target dan Tujuan Organisasi

”Kita perlu selalu memastikan pengelolaan kinerja kita bisa terhubung dan menjadi administrator yang baik, menjadi early warning system, dan menjadi mekanisme monitoring evaluasi terhadap pelaksanaan tugas-tugas kita,” terang Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Didyk Choiroel, dalam pembukaan Workshop Pengelolaan Kinerja Organisasi DJPb Tahun 2022 di Jakarta, Senin (21/3).

Didyk melanjutkan, saat ini telah semakin dapat ditemukan hubungan antara rencana strategis pengelolaan kinerja dengan tugas fungsi yang dilaksanakan di lapangan. ”Kita pernah mengalami masa di mana IKU (indikator kinerja utama) adalah hal yang satu, sedangkan pelaksanaan tugas adalah hal yang lain, tapi sekarang setiap IKU terhubung dengan pekerjaan kita.”

Efisiensi pengelolaan kas yang sudah menjadi ukuran, baik di IKU maupun di pelaksanaan tugas fungsi setiap kebijakan di Kementerian Keuangan, serta efektivitas pelaksanaan anggaran dengan IKPA yang juga sudah terhubung antara IKU dan semua tugas yang dilaksanakan merupakan contoh IKU Kemenkeu-wide yang kemudian juga menjadi bagian tugas fungsi DJPb.

”Sehingga kemudian yang dilakukan oleh teman-teman pengelola kinerja itu betul-betul terhubung dengan target dan tujuan organisasi. Ini juga IKU yang kemenkeu one, two, three, four, saya kira semuanya akan sangat terhubung dengan kuat dengan tugas-tugas yang memang menjadi kunci pelaksanaan tugas sebagai pengelola perbendaharaan,” jelas Didyk.

Dalam kesempatan tersebut diberikan pula penghargaan terhadap Penilaian Pelaksanaan Pengelolaan Kinerja Lingkup DJPb Tahun 2021, di mana Peringkat Pertama untuk Tingkat Kantor Pusat adalah Direktorat Pengelolaan Kas Negara, Tingkat Kanwil Besar adalah Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara, Tingkat Kanwil Sedang adalah Kanwil DJPb Provinsi Aceh, Tingkat Kanwil Kecil adalah Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo, Tingkat KPPN A1 Provinsi adalah KPPN Bengkulu, Tingkat KPPN A1 nonprovinsi adalah KPPN Pati, serta Tingkat KPPN A2 adalah KPPN Sidikalang. (DR/TAP)

 

sumber : https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/berita/berita-nasional/3870-pastikan-pengelolaan-kinerja-selaras-target-dan-tujuan-organisasi.html

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search