PANDUAN PENULISAN URAIAN SURAT PERINTAH MEMBAYAR (SPM)
Â
- Belanja Pegawai PNS Pusat/Polri/PNS Polri/TNI/PNS Militer (51xxxx)
No |
Jenis SPM |
Uraian SPM |
 1. |
 Gaji Induk |
Pembayaran belanja pegawai gaji induk bulan .… tahun .… untuk .… pegawai … jiwa. |
 2. |
 Gaji Susulan |
Pembayaran belanja pegawai gaji susulan bulan …. tahun .… untuk .… pegawai .… jiwa. |
 3. |
 Kekurangan Gaji |
Pembayaran belanja pegawai kekurangan gaji bulan …. tahun .… untuk …. pegawai .… jiwa. |
 4. |
 Gaji Terusan |
Pembayaran belanja pegawai gaji terusan ke …. a.n. … (…. pegawai …. jiwa). |
 5. |
 Uang Muka Gaji |
Pembayaran belanja pegawai uang muka gaji/persekot gaji untuk …. pegawai …. jiwa.  |
Â
- Belanja Pegawai Lainnya (51xxxx)
No |
Jenis SPM |
Uraian SPM |
 1. |
 Uang Makan |
 Pembayaran belanja pegawai Uang Makan bulan …. untuk …. Pegawai. |
 2. |
 Uang Lembur |
Pembayaran belanja pegawai Uang Lembur bulan … tahun …. sesuai SPKL / Surat Perintah Lembur nomor … tanggal … |
Â
 3. |
 Uang Vakasi |
Pembayaran belanja pegawai Uang Vakasi sesuai SK nomor … tanggal … untuk … pegawai. |
 4. |
 Tunjangan Kinerja |
Pembayaran belanja pegawai Tunjangan Kinerja bulan … tahun …. untuk … pegawai. |
 5. |
Kekurangan Tunjangan Kinerja |
Pembayaran belanja pegawai Kekurangan Tunjangan Kinerja bulan … untuk … pegawai. |
 6. |
Selisih Tunjangan Kinerja |
Pembayaran belanja pegawai Selisih Tunjangan Kinerja bulan … tahun …. untuk … pegawai. |
 7. |
Seritifikasi / Tunjangan Profesi |
Pembayaran belanja pegawai Tunjangan Sertifikasi / Profesi bulan … tahun …. untuk … pegawai. |
 8. |
 Gaji ke 13 |
Pembayaran gaji bulan ketigabelas Tahun .… sesuai......................................................................... untuk .… pegawai … jiwa. |
 9. |
 THR |
Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Tahun .… sesuai......................................................................... untuk .… pegawai … jiwa. |
Â
- UP / GUP / TUP / PTUP
No |
Jenis SPM |
Uraian SPM |
 1. |
 SPM UP |
Penyediaan Uang Persediaan Rupiah Murni / PNBP / Pinjaman / Hibah Luar Negeri Satker …. Tahun …. |
 2. |
 SPM GUP Isi |
 Penggantian Uang Persediaan untuk keperluan belanja …. |
 3. |
 SPM GUP Nihil |
 Penggantian Uang Persediaan untuk keperluan belanja …. |
 4. |
 SPM GUP KKP |
 Penggantian Uang Persediaan KKP untuk keperluan belanja …. |
Â
 5. |
SPM GUP Nihil Melewati Tahun Anggaran |
 Penggantian Uang Persediaan untuk keperluan belanja …. sebagai pengesahan atas Pertanggungjawaban Uang Persediaan Tahun.......................... |
 6. |
 SPM TUP |
Penyediaan Tambahan Uang Persediaan Rupiah Murni/PNBP Satker …. Tahun …. |
 7. |
 SPM PTUP Nihil |
Pertanggungjawaban Tambahan Uang Persediaan untuk keperluan belanja …. |
 8. |
SPM PTUP Nihil Melewati Tahun Anggaran |
 Pertanggungjawaban Tambahan Uang Persediaan untuk keperluan belanja …. sebagai pengesahan atas Pertanggungjawaban Tambahan Uang Persediaan Tahun .... |
Â
- Belanja Barang Langsung Non Kontraktual (52xxxx)
No |
Jenis SPM |
Uraian SPM |
 1. |
 Perjalanan Dinas |
Pembayaran belanja barang sesuai Surat Tugas / Surat Perjalanan Dinas nomor …. tanggal …. |
 2. |
Penghasilan PPNPN Induk |
Pembayaran belanja barang Penghasilan PPNPN Induk bulan …. tahun …. untuk …. pegawai. Sesuai SK Nomor …. Tanggal ….. |
 3. |
Penghasilan PPNPN Susulan |
Pembayaran belanja barang Penghasilan PPNPN Susulan bulan …. tahun …. untuk …. pegawai. Sesuai SK Nomor …. Tanggal …. . |
 4. |
Honorarium kegiatan |
Pembayaran belanja barang Honorarium …. Sesuai SK/SPRINT/.... Nomor …. Tanggal …. |
 5. |
Honorarium Bulanan |
Pembayaran belanja barang Honorarium …. bulan …. tahun …. Sesuai SK/SPRINT/.................................................................. Nomor …. Tanggal …. |
 6. |
Belanja Barang Lainnya |
Pembayaran belanja barang sesuai kuitansi / surat tagihan / invoice / dasar pembayaran lainnya nomor …. tanggal …. |
Â
- Belanja Barang/Modal Langsung Kontraktual (52xxxx / 53xxxx)
No |
Jenis SPM |
Uraian SPM |
 1. |
Pembayaran Sekaligus / Satu Termin |
Pembayaran belanja barang / modal sesuai kontrak nomor …. tanggal …. BAST / BAPP Nomor …. Tanggal …. BAP Nomor …. Tanggal …. |
 2. |
Pembayaran Uang Muka Kerja |
Pembayaran belanja barang / modal uang muka kerja sesuai kontrak nomor …. tanggal …. Jaminan Uang Muka Nomor …. Tanggal …. BAP Nomor …. Tanggal …. |
 3. |
Pembayaran Per Termin |
Pembayaran belanja barang / modal sesuai kontrak nomor …. tanggal …. BAPP Nomor …. Tanggal …. BAP Nomor …. Tanggal …. |
 4. |
Pembayaran Termin Terakhir |
Pembayaran belanja barang / modal sesuai kontrak nomor …. tanggal …. BAST/BAPP Nomor …. Tanggal …. BAP Nomor …. Tanggal …. |
 5. |
Pembayaran Retensi |
Pembayaran belanja barang / modal sesuai kontrak nomor …. tanggal …. Jaminan Pemeliharaan Nomor …. Tanggal …. BAST/BAPP Nomor …. Tanggal …. BAP Nomor …. Tanggal …. |
Â
- Pengesahan Hibah / Pendapatan dan Belanja BLU
No |
Jenis SPM |
Uraian SPM |
 1. |
Pengesahan BLU satu kali dalam satu Triwulan |
 Pengesahan pendapatan dan / atau belanja BLU triwulan .... tahun anggaran .... |
 2. |
Pengesahan BLU > satu kali dalam satu Triwulan |
 Pengesahan pertama / kedua / ke .... pendapatan dan / atau belanja BLU triwulan....................................................................... tahun anggaran |
 3. |
 Pengesahan Hibah |
Pengesahan Hibah dalam bentuk Uang / Barang / Jasa / Surat Berharga Triwulan ke....................................................................... / Realisasi s.d. tanggal .... untuk kegiatan .... sesuai Surat Perjanjian Hibah (NPHD/NPHLN) Nomor .... Tanggal .... |
Â