Jl. A Yani No.7, Telanaipura, Kec. Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36122

PANDUAN PENULISAN URAIAN SURAT PERINTAH MEMBAYAR (SPM)

 

  1. Belanja Pegawai PNS Pusat/Polri/PNS Polri/TNI/PNS Militer (51xxxx)

No

Jenis SPM

Uraian SPM

 

1.

 

Gaji Induk

Pembayaran belanja pegawai gaji induk bulan .… tahun .… untuk .… pegawai … jiwa.

 

2.

 

Gaji Susulan

Pembayaran belanja pegawai gaji susulan bulan …. tahun .… untuk .… pegawai .… jiwa.

 

3.

 

Kekurangan Gaji

Pembayaran belanja pegawai kekurangan gaji bulan …. tahun .… untuk …. pegawai .… jiwa. 

 

4.

 

Gaji Terusan

Pembayaran belanja pegawai gaji terusan ke …. a.n. … (…. pegawai …. jiwa). 

 

5.

 

Uang Muka Gaji

Pembayaran belanja pegawai uang muka gaji/persekot gaji untuk …. pegawai …. jiwa. 

 

 

  1. Belanja Pegawai Lainnya (51xxxx)

No

Jenis SPM

Uraian SPM

 

1.

 

Uang Makan

 

Pembayaran belanja pegawai Uang Makan bulan …. untuk …. Pegawai. 

 

2.

 

Uang Lembur

Pembayaran belanja pegawai Uang Lembur bulan … tahun …. sesuai SPKL / Surat Perintah Lembur nomor

… tanggal … 

 

 

3.

 

Uang Vakasi

Pembayaran belanja pegawai Uang Vakasi sesuai SK nomor … tanggal … untuk … pegawai. 

 

4.

 

Tunjangan Kinerja

Pembayaran belanja pegawai Tunjangan Kinerja bulan … tahun …. untuk … pegawai.

 

5.

Kekurangan Tunjangan Kinerja

Pembayaran belanja pegawai Kekurangan Tunjangan Kinerja bulan … untuk … pegawai.

 

6.

Selisih Tunjangan Kinerja

Pembayaran belanja pegawai Selisih Tunjangan Kinerja bulan … tahun …. untuk … pegawai. 

 

7.

Seritifikasi / Tunjangan Profesi

Pembayaran belanja pegawai Tunjangan Sertifikasi / Profesi bulan … tahun …. untuk … pegawai. 

 

8.

 

Gaji ke 13

Pembayaran gaji bulan ketigabelas Tahun .… sesuai......................................................................... untuk .… pegawai … jiwa.

 

9.

 

THR

Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Tahun .… sesuai......................................................................... untuk .… pegawai … jiwa.

 

  1. UP / GUP / TUP / PTUP

No

Jenis SPM

Uraian SPM

 

1.

 

SPM UP

Penyediaan Uang Persediaan Rupiah Murni / PNBP / Pinjaman / Hibah Luar Negeri Satker …. Tahun …. 

 

2.

 

SPM GUP Isi

 

Penggantian Uang Persediaan untuk keperluan belanja …. 

 

3.

 

SPM GUP Nihil

 

Penggantian Uang Persediaan untuk keperluan belanja …. 

 

4.

 

SPM GUP KKP

 

Penggantian Uang Persediaan KKP untuk keperluan belanja …. 

 

 

5.

SPM GUP Nihil Melewati Tahun Anggaran

 

Penggantian Uang Persediaan untuk keperluan belanja …. sebagai pengesahan atas Pertanggungjawaban Uang Persediaan Tahun..........................

 

6.

 

SPM TUP

Penyediaan Tambahan Uang Persediaan Rupiah Murni/PNBP Satker …. Tahun …. 

 

7.

 

SPM PTUP Nihil

Pertanggungjawaban Tambahan Uang Persediaan untuk keperluan belanja …. 

 

8.

SPM PTUP Nihil Melewati Tahun Anggaran

 

Pertanggungjawaban Tambahan Uang Persediaan untuk keperluan belanja …. sebagai pengesahan atas Pertanggungjawaban Tambahan Uang Persediaan Tahun ....

 

  1. Belanja Barang Langsung Non Kontraktual (52xxxx)

No

Jenis SPM

Uraian SPM

 

1.

 

Perjalanan Dinas

Pembayaran belanja barang sesuai Surat Tugas / Surat Perjalanan Dinas nomor …. tanggal …. 

 

2.

Penghasilan PPNPN Induk

Pembayaran belanja barang Penghasilan PPNPN Induk bulan …. tahun …. untuk …. pegawai. Sesuai SK Nomor …. Tanggal …..

 

3.

Penghasilan PPNPN Susulan

Pembayaran belanja barang Penghasilan PPNPN Susulan bulan …. tahun …. untuk …. pegawai. Sesuai SK Nomor …. Tanggal …. .

 

4.

Honorarium kegiatan

Pembayaran belanja barang Honorarium …. Sesuai SK/SPRINT/.... Nomor …. Tanggal …. 

 

5.

Honorarium Bulanan

Pembayaran belanja barang Honorarium …. bulan …. tahun …. Sesuai SK/SPRINT/.................................................................. Nomor …. Tanggal

…. 

 

6.

Belanja Barang Lainnya

Pembayaran belanja barang sesuai kuitansi / surat tagihan / invoice / dasar pembayaran lainnya nomor …. tanggal …. 

 

  1. Belanja Barang/Modal Langsung Kontraktual (52xxxx / 53xxxx)

No

Jenis SPM

Uraian SPM

 

1.

Pembayaran Sekaligus / Satu Termin

Pembayaran belanja barang / modal sesuai kontrak nomor …. tanggal …. BAST / BAPP Nomor …. Tanggal

…. BAP Nomor …. Tanggal …. 

 

2.

Pembayaran Uang Muka Kerja

Pembayaran belanja barang / modal uang muka kerja sesuai kontrak nomor …. tanggal …. Jaminan Uang Muka Nomor …. Tanggal …. BAP Nomor …. Tanggal …. 

 

3.

Pembayaran Per Termin

Pembayaran belanja barang / modal sesuai kontrak nomor …. tanggal …. BAPP Nomor …. Tanggal …. BAP Nomor …. Tanggal …. 

 

4.

Pembayaran Termin Terakhir

Pembayaran belanja barang / modal sesuai kontrak nomor …. tanggal …. BAST/BAPP Nomor …. Tanggal

…. BAP Nomor …. Tanggal …. 

 

5.

Pembayaran Retensi

Pembayaran belanja barang / modal sesuai kontrak nomor …. tanggal …. Jaminan Pemeliharaan Nomor …. Tanggal …. BAST/BAPP Nomor …. Tanggal …. BAP Nomor …. Tanggal …. 

 

  1. Pengesahan Hibah / Pendapatan dan Belanja BLU

No

Jenis SPM

Uraian SPM

 

1.

Pengesahan BLU satu kali dalam satu Triwulan

 

Pengesahan pendapatan dan / atau belanja BLU triwulan .... tahun anggaran ....

 

2.

Pengesahan BLU

> satu kali dalam satu Triwulan

 

Pengesahan pertama / kedua / ke .... pendapatan dan / atau belanja BLU triwulan....................................................................... tahun anggaran

 

3.

 

Pengesahan Hibah

Pengesahan Hibah dalam bentuk Uang / Barang / Jasa / Surat Berharga Triwulan ke....................................................................... / Realisasi s.d.

tanggal .... untuk kegiatan .... sesuai Surat Perjanjian Hibah (NPHD/NPHLN) Nomor .... Tanggal ....

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search