Transisi Menuju Tatanan Normal Baru, KPPN Selong terus Meningkatkan Pelayanan yang Prima serta Memperkuat Nilai Integritas

Selong- Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang menimbulkan dampak luar biasa menjadi suatu tantangan baru yang harus dihadapi oleh masyarakat dan bangsa Indonesia. Merespon himbauan pemerintah untuk melakukan jaga jarak sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19, KPPN Selong segera melakukan pembaruan fitur pada  aplikasi LAPAK AMEL ( Layanan Pengecekan ADK Satker dan Monitoring LPJ) untuk layanan pencairan dana seperti pengajuan SPM, SKPP, pengajuan ADK Kontrak, dan Rekon Gaji. Aplikasi LAPAK AMEL merupakan aplikasi yang secara mandiri dikembangkan oleh KPPN Selong dan sebelumnya telah dirilis untuk layanan LPJ bendahara dan konfirmasi setoran. Dengan demikian, terhitung mulai tanggal 26 Maret 2020, satuan kerja mitra KPPN Selong telah bisa mengakses semua layanan KPPN Selong meski tanpa tatap muka. Tidak berhenti sampai disitu saja, peningkatan layanan terus dilakukan sehingga mulai tanggal 16 April 2020 satuan kerja bisa mendapatkan layanan melalui aplikasi eSPM yang dikembangkan oleh tim Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Untuk mengetahui tingkat kepuasan satker, KPPN Selong telah melakukan survei yang dilaksanakan mulai tanggal 5 sd 15 Mei 2020 secara daring. Dari hasil survei tersebut, indeks kepuasan satker terhadap layanan KPPN Selong telah mencapai angka 4,94 (Skala 5). Namun, hal tersebut tidak membuat segenap pegawai KPPN Selong berpuas diri. Menyambut tatanan normal baru, tentu dibutuhkan kesiapan untuk menjalani kehidupan sehari-hari berdampingan dengan keberadaan Covid-19.Untuk itu KPPN Selong menyelenggarakan kegiatan Service Excellence pada pada hari Selasa, tanggal 16 Juni 2020 bekerja sama dengan Bank BRI Cabang Selong untuk membagi pengetahuan mengenai bagaimana menjaga pelayanan agar prima dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sehingga aman dari Covid-19.

Kegiatan Service Excellence diawali dengan sambutan dari Ibu Endah Proborini selaku Kepala KPPN Selong dan Bapak Bayu Adityo, selaku Pimpinan Bank BRI Cabang Selong. “Kalau tidak enak beritahu kami, kalau enak beritahu teman”, kurang lebih itulah motto atau jargon Rumah  Makan Padang yang disampaikan Bapak Bayu saat memberikan sambutan. Bapak Bayu membagikan bahwa sejalan dengan motto tersebut, hubungan baik dengan stakeholder harus selalu dijaga agar kepercayaan terhadap layanan yang diberikan dapat terbangun. Dalam upaya menjaga hubungan baik tersebut, setiap pekerjaan hendaknya selalu dilakukan sepenuh hati agar dapat memenuhi kepuasan stakeholder. Dalam sesi materi, narasumber memberikan gambaran mengenai protokol kesehatan yang diterapkan oleh Bank BRI Cabang Selong pada saat memberikan layanan kepada nasabah. Seluruh pegawai dan PPNPN KPPN Selong antusias menyimak materi yang disampaikan oleh narasumber.

KPPN Selong sebagai bagian dari Kementerian Keuangan memiliki tanggung jawab dalam mengawal dan menjaga keuangan negara yang merupakan salah satu instrumen penting dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19. Oleh karena itu selain mengedepankan pelayanan yang prima, dalam tatanan normal baru, pegawai KPPN Selong harus menjunjung tinggi integritas. Internalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan yang rutin dilakukan setiap hari Senin dan Kamis sebelum kegiatan Morning Briefing merupakan salah satu bentuk upaya untuk mengingatkan pegawai agar senantiasa mengamalkan nilai-nilai Kementerian Keuangan.

Sebagai bentuk upaya penguatan integritas, KPPN Selong telah mengadakan Focused Group Discussion dengan tema “Membangun Integritas Diri dan Nilai-Nilai Anti Korupsi”pada hari Rabu, tanggal 17 Juni 2020 yang dihadiri oleh seluruh pegawai KPPN Selong. Materi disampaikan langsung oleh Bapak I Nengah Putu Wiranata, selaku Kepala Seksi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal.

Pegawai KPPN Selong juga telah mengikuti Webinar Bintalnas DJPB 2020 yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 25 Juni 2020 yang diadakan oleh Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan secara daring melalui Live Youtube. Kegiatan pembinaan mental nasional ini bertujuan untuk membentuk pegawai DJPb yang memiliki jiwa nasionalisme , mempunyai etos kerja tinggi, pantang menyerah dan rela berkorban, serta membentuk pegawai yang beriman berakhlak mulia dan bermoral.

Perkembangan zaman yang dinamis dan tantangan yang senantiasa muncul akan selalu mendorong KPPN Selong untuk melakuan perubahan dan perbaikan agar dapat memberikan kepuasan kepada satuan kerja mitra KPPN Selong, tentunya dengan tetap berpedoman pada nilai-nilai Kementerian Keuangan. (srs)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI


 

 

Search