Replikasi Aplikasi SASAKTULEN.id (Inovasi KPPN Selong) oleh Satker Balai Latihan Kerja Lombok Timur

Selasa, 13 April 2021 - Bertempat di Ruang Rapat BLK Lombok Timur, KPPN Selong mengadakan kegiatan bimbingan teknis pengoperasian Aplikasi SASAKTULEN.id kepada Satker Balai Latihan Kerja (BLK) Lombok Timur dalam rangka replikasi Inovasi KPPN Selong. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Permohonan Kepala Balai Latihan Kerja Lombok Timur tentang Permohonan Replikasi Inovasi KPPN Selong beberapa hari yang lalu.

                Aplikasi SASAKTULEN.id (Sistem Pelayanan Satker Terpadu Berbasis Online) merupakan inovasi milik KPPN Selong  yang berupa  Aplikasi web yang berfungsi sebagai tempat penyampaian dan pengecekan berkas yang diajukan oleh Satker mitra KPPN Selong secara online.Aplikasi ini sangat  tepat digunakan saat pandemi Covid19,  adalah memperkecil tatap muka dengan satker.   Adapun aplikasi ini memiliki berbagai menu/fitur layanan, antara lain:

  1. MON-LPJ yaitu menu untuk sarana pengiriman, pengecekan dan monitoring dokumen  kelengkapan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bendahara.
  2. e-Konfimasi adalah menu untuk sarana pengiriman, pengecekan dan monitoring Arsip Data Komputer (ADK) Konfirmasi setoran penerimaan negara.
  3. CEK-SKPP yaitu menu untuk sarana pengiriman, pengecekan dan monitoring Surat Keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP) Satker.
  4. LKS-169 yaitu menu untuk sarana pengiriman, pengecekan dan monitoring dokumen Laporan Keuangan Satker.
  5. SUSANE-169 adalah menu untuk sarana penerimaan surat dari Satker.
  6. BERUGAK (BERani AdUkan Gratifikasi dan LAyanan Kami) menu untuk sarana penyampaian pengaduan satker atas layanan kinerja KPPN Selong.
  7. PODKES-169 (POjok EDuKasi Satker) yaitu menu yang menyediakan berbagai macam keperluan satker seperti materi sosialisasi, update aplikasi keuangan, template

          Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala KPPN Selong,  Endah Proborini beserta staf, Dimas Nugroho dan Faiz Al Azhar serta Pejabat Pembuat Komitmen Satker BLK Lombok Timur,  Khairul Ziyad, Bendahara BLK Lombok Timur, Titik Rahayu beserta staf, Zuhri dan Rolieb. Selain itu 4 (empat) perwakilan UPTD mitra BLK Lombok Timur yang berasal dari BLK NTB, BLK Lombok Tengah, BLK Sumbawa Besar, dan LLK Bima juga ikut serta dalam kegiatan ini melalui zoom meeting.

         BLK Lombok Timur  yang mempunyai 17 UPTD tersebar di 3 pulau yaitu NTT, Bali dan NTB berminat untuk mereplikasi salah satu menu layanan yang ada di Aplikasi SASAKTULEN.id yaitu MON-LPJ milik KPPN Selong.  Layanan ini sejalan dengan rencana BLK Lotim untuk mengikuti penilaian Zona Integritas. Sehingga membutuhkan inovasi pelayanan publik yang   bisa memudahkan dan memberikan manfaat kepada stakeholder-nya.

        Pada kunjungan ke BLK Lombok Timur ini, Faiz Al Azhar menjelaskan secara gamblang latar belakang dan tujuan dibuatnya Aplikasi SASAKTULEN.id. Selanjutnya, BLK Lombok timur berkesempatan untuk melakukan simulasi pengoperasian Aplikasi SASAKTULEN.id, mulai dari upload berkas hingga verifikasi berkas. Pada kesempatan ini, UPTD juga diikutsertakan dalam simulasi ini melalui share screen pada Zoom meeting. Diharapkan dengan adanya simulasi ini, BLK Lombok Timur dan UPTD mitranya dapat memahami secara jelas teknis pengoperasian Aplikasi SASAKTULEN.id.

        Dalam kegiatan ini,  Endah Proborini menjelaskan bahwa Inovasi layanan KPPN Selong telah memberikan hasil dan manfaat yang nyata bagi satker mitra KPPN Selong. Beliau berharap  replikasi ke satker BLK Lombok Timur  bisa lebih  meningkatkan pelayanannya kepada UPTD mitra BLK Lombok Timur, tuturnya. Utamanya adalah dapat meningkatkan kinerjanya sehingga memberikan dampak atas ketepatan dan kepatuhan pengelolaan anggaran.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI


 

 

Search