Singaraja

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Inovasi Untuk Menjadi Yang Terbaik!!! Bravo KPPN 132

SIMAK_Satker(Sistem Pemantauan Kinerja Satker)dan Satker_PINTER(Satker_Performance Improvement Center)sejatinya dua kegiatandari tiga kegiatan terpadu yang merupakan upaya KPPN Singaraja dalam peningkatan kualitas SDM Pengelola keuangan Satker. Satu kegiatan lainnya adalah penganugerahan penghargaan Singaraja Awards.

Dua kegiatan terpadu ini digabungkan menjadi satu Inovasi KPPN Singaraja dalam Peningkatan Kualitas SDM Satker karena keterkaitan dan hubungan erat antar keduanya.

SIMAK_Satker adalah sebuah kegiatan pemantauan (kegiatan menyimak – simak) yag dilakukan KPPN Singaraja terhadap perkembangan kinerja para Pengelola Keuangan Satker dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan Satkernya masing-masing dan dalam hubungannya dengan KPPN Singaraja. Kegiatanpemantauan dilakkan oleh KPPN Singaraja baik melalui laporan-lapporan yang disampaikan Satker maupun pemantauan harian saat berinteraksi dengan KPPN Singaraja, khususnya dengan Petugas FO (Front Office) dan CSO (Customer Service Officer) KPPN Singaraja.

Hasil pemantauan diinput dalam sebuah aplikasi berbasis excel (aplikasi SIMAK_Satker) oleh Petugas FO dan CSO KPPN Singaraja, dan kemudian hasil nilai inputan diproses oleh aplikasi dan akan menghasilakan beberapa kelompok Satker dengan kualifikasi nilai tertentu dan dirangking secara berurutan daari nilai tertinggi ke nilai terendah. Kelompok Satker yang memperoleh nilai tertinggi (EXCELLENT) akan dinominasikan memperoleh Penghargaan Singaraja Awards dan diberikan setiap evaluasi semesteran, sementara Kelompok Satker dengan nilai terendah (BURUK) akan mendapat undangan khusus dari KPPN Singaraja untuk memperoleh pelatihan intensi melalui Satker_PINTER, sebuah pusat pengembangan kinerja Satker.

Jadi, Satker_PINTER (Performance Improvement Center) merupakan sebuah pusat pendidikan yang dibangun KPPN Singaraja untuk mengembangkan kemampuan para pengelola keuangan Satker agar mereka menjadi “PINTER” dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan yang memadai untuk mengelola keuangan Satkernya. Pesertanya adalah para pengelola keuangan Satker yang diundang secara khusus karena berdasarkan hasil pemantauan melalui SIMAK_Satker masuk dalam kategori “Kinerja Buruk”. Narasumber dalam pelatihan ini adalah pegawai KPPN Singaraja yang cukup mumpuni dan menguasai permasalahan, termasuk pegawai yang merupakan TMR (Treasury Management Representative). Bentuk pelatihannya bisa berupa pemaparan, pendampingan, praktek aplikasi, dan sebagainya, yang diselenggarakan di ruang khusus Satker_PINTER KPPN Singaraja.

Dengan Inovasi SIMAK_SATKER_PINTER ini diharapkan dapat dicetak SDM pengelola keuangan Satker mitra kerja KPPN Singaraja yang kompeten, unggul dan profesional, sehingga mampu tercipta pelayanan prima KPPN Singaraja untuk mendukung visi misi Ditjen Perbendaharaan,Kementerian Keuangan RI. Disamping itu, diharapkan juga mampu mendorong tercapainya pengelolaan keuangan dan perbendaharaan negara yang profesional, transparan, dan akuntabel, serta dapat memberi kontribusi nyata bagi pembangunan di daerah dan pembangunan nasional pada umumnya sebagaimana cita-cita yang tertuang dalam Nawa Cita Pemerintah RI.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search