Capacity building merupakan suatu proses untuk melakukan sesuatu, atau serangkaian kegiatan untuk melakukan perubahan multilevel pada diri individu, kelompok-kelompok, organisasi-organisasi
dan sistem-sistem guna memperkuat kemampuan penyesuaian individu dan organisasi dalam menghadapi suatu keadaan atau perubahan lingkungan yang ada.
Untuk itu peningkatan kapasitas dapat dilakukan melalui proses menganalisa lingkungannya, mengidentifikasi masalah-masalah organisasi, mencari kebutuhan-kebutuhan pengembangan diri dan organisasi, dan tentunya merancang sebuah rencana aksi agar bisa terkumpul data penataan sistem organisasi secara baik.
Bertepatan dengan perayaan HUT RI ke-72 pada 17 Agustus 2017 bertempat di Kebun Raya Bedugul, Tabanan Bali, dalam rangka merayakan HUT RI ke-72, KPPN Singaraja mengadakan Capacity Building dengan bertemakan “Kerja Bersama, Tumbuhkan Motivasi, Raih Prestasi, Tingkatkan Kinerja Untuk Menjadi yang terbaik Demi Kejayaan Negeri”.
Diadakannya kegiatan ini pada umumnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM KPPN Singaraja sehingga bisa terus berkarya dan berkinerja dengan baik untuk meningkatkan layanan kepada para stakeholder dan juga untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan organisasi KPPN Singaraja. Kegiatan Capacity Building ini juga bertujuan untuk meningkatkan semangat dan motivasi, rasa kekeluargaan, kebersamaan, dan kekompakan serta memperkuat kemampuan-kemampuan setiap individu pegawai. Kegiatan ini sekaligus juga dimanfaatkan sebagai sarana internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan.
Untuk mencapai tujuan diatas, kegiatan ini dikemas dengan cara yang sangat apik dan menarik. Berbagai kegiatan untuk melatih sinergi dan kerjasama diadakan dalam bentuk Fun Games – Team Building. Disamping itu, karena bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI, untuk memeriahkan dirgahayu RI tersebut diadakan pula Lomba Rakyat yang besifat individual. Diadakannya berbagai kegiatan fun games dan lomba-lomba tersebut juga bermanfaat untuk melatih dan mengasah kerja sama, kecekatan, ketepatan, ketelitian setiap pegawai kantor.
Lomba-lomba yang bersifat individu diantaranya, yaitu :
- Lomba makan kerupuk
- Lomba menggiring bola dengan terong
- Lomba mengisi botol dengan air
Lomba-lomba yang bersifat Fun Games- Team Building diantaranya, yaitu :
- Estapet bola dengan kaki
- Aqua paramid dengan tali
- Lingkaran sarung
Kegiatan ini berjalan dengan kemeriahan meski diadakan dengan sederhana. Kepala KPPN Singaraja menyampaikan, “Kegiatan Capacity Building kali ini sangat spesial karena bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72. Jadi, disamping kita meriahkan kemerdekaan kita, kita tingkatkan juga semangat dan motivasi kita untuk berkarya dan berkinerja, serta kita terus tumbukembangkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan diantara kita”.
Kegiatan capacity building juga menjadi salah satu wadah pengimplementasian dari nilai-nilai Kemenkeu. Nilai-nilai Kemenkeu tersebut yakni Integritas. Nilai integritas adalah berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral. Nilai ini salah satunya dapat dicerminkan melalui seberapa jujur setiap individu atau kelompok dalam memainkan misi setiap perlombaan. Kedua adalah nilai profesionalisme. Profesionalisme adalah bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi. Setiap individu dituntut untuk profesional dalam menjalankan misi hingga tuntas. Ketiga adalah nilai sinergi. Nilai sinergi adalah membangun dan memastikan hubungan kerjasama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan, untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas. Nilai ini dapat dilihat dari perilaku saling percaya dan menghormati sesama team dan dalam melaksanakan solusi terbaik. Keempat adalah nilai pelayanan. Nilai pelayanan adalah memberikan layanan yang memenuhi kepuasan pemangku kepentingan yang dilakukan dengan sepenuh hati, transparan, cepat, akurat dan aman. Nilai ini dapat dilihat dari sikap proaktif dan cepat tanggap. Dan nilai yang kelima adalah Kesempurnaan. Nilai kesempurnaan adalah senantiasa melakukan upaya perbaikan di segala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik. Nilai kesempurnaan dapat dicerminkan dari sikap yang ingin melakukan perbaikan terus menerus dan mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam perlombaan.
Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini setiap individu pegawai semakin meningkat nilai integritas, profesionalitas, sinergi, pelayanan dan kesempurnaannya dalam bekerja. Demi menjadi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara terbaik sesuai dengan jargon KPPN 132 Siap Menjadi yang Terbaik ! (redaksi)