Jl. Raya Koto Baru KM 5 Solok

KPPN SOLOK SELENGGARAKAN PRESS RELEASE REALISASI APBN TA 2022

Solok, 19 Januari 2023. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Solok, menyelenggarakan press release APBN periode TA 2022 dengan tujuan memberikan informasi ke masyarakat terkait dengan pelaksanaan APBN di wilayah kerjanya. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting tersebut dihadiri oleh para KPA Satker Mitra Kerja KPPN Solok, Perwakilan BKD Kabupaten Solok, BKD Kota Solok, dan pers setempat.

 

Pada sesi penyampaian press release APBN, Kepala KPPN Solok Bapak Budi Utomo menyampaikan bahwa pada TA 2022, Alokasi Anggaran Belanja Negara yang dibayarkan melalui KPPN Solok adalah sebesar Rp876,21 miliar, meningkat dari Pagu Tahun 2021 yang hanya mencapai Rp774,26 miliar. Anggaran Belanja Negara tersebut terdiri atas Belanja Kementerian Lembaga (Belanja K/L) sebesar Rp422,69 miliar (48,24%) yang terdapat dalam DIPA 65 Satuan Kerja dan Transfer Ke daerah Dan Dana desa (TKDD) sebesar Rp453,52 miliar (51,76%) yang disalurkan kepada Pemda Kab Solok, Pemda Kab Solok Selatan, dan Pemda Kota Solok.

Realisasi Anggaran Belanja K/L pada TA 2022 adalah sebesar Rp838,84 miliar, atau mencapai 95,74% dari pagu. Realisasi Belanja K/L secara keseluruhan mencapai target yang ditetapkan sebesar 93,33%, namun jika dilihat dari target triwulan I s.d III ada beberapa target yang tidak tercapai sehingga berdampak pada penumpukan realisasi anggaran pada periode Triwulan IV, terutama pada Bulan Desember. Hal ini disebabkan antara lain karena kualitas penganggaran yang belum optimal dan adanya blokir Automatic Adjustment dari pusat. Satker diharapkan meningkatkan kualitas perencanaan dan melakukan koordinasi dengan Eselon I terkait blokir Automatic Adjustment sehingga hal yang sama tidak terulang kembali pada TA 2023.

Dari segi penyaluran TKDD, sampai Akhir Desember 2022 mencapai Rp425,17 miliar atau 50,69% dari pagu. Realisasi tersebut terdiri dari DAK Fisik sebesar Rp207,81 miliar (89,65%), DAK Non Fisik sebesar Rp107,76 miliar (96,11%), dan Dana Desa sebesar Rp109,60 miliar (100%). Penyaluran DAK Fisik sebesar Rp207,81 miliar atau hanya mencapai 99,85% dari kontrak yang telah dibuat dikarenakan terdapat beberapa kontrak yang tidak terealisasi akibat adanya penarikan obat-obatan oleh BPOM, terdapat barang yang discontinue, ataupun karena perbedaan harga barang pada saat direalisasikan dengan nilai yang ada pada kontrak.

Untuk penyaluran DAK Non Fisik hanya mencapai 96,11% dari pagu disebabkan karena terdapat penerima DAK Non Fisik yang menutup sekolahnya baik secara permanen maupun sementara (karena tidak ada siswa).

Dalam kesempatan ini, Kepala KPPN Solok juga menghimbau agar satker mendukung upaya pemerintah dalam digitalisasi pembayaran dengan meningkatkan transaksi melalui Kartu Kredit Pemerintah (KKP) dan platform digipay. Lebih lanjut, Kepala KPPN meminta agar satker menerapkan manajemen risiko dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran TA 2023. Untuk Mitigasi dan Early Warning Semester 1 TA 2023, satker diminta segera menetapkan pejabat pengelola keuangan, mengajukan permintaan UP sehingga realisasi anggaran dapat dimaksimalkan, meningkatkan koordinasi internal antara bagian perencanaan dan pelaksanaan, cermat dalam pengajuan SPM GUP/TUP, segera mengeksekui belanja kontraktual paling lama pada triwulan II, serta berkonsultasi dengan KPPN apabila menemui kendala dalam pelaksanaan anggaran.

Sebagai penutup, Budi Utomo mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin baik selama TA 2022. Diharapkan koordinasi antar KPPN, satker, dan pemda semakin baik sehingga kualitas pelaksanaan anggaran pada TA 2023 menjadi semakin baik pula.

 

#DJPbHAnDAL

#KPPNSolokRancak

#KPPNSolokWBK

#KPPNSolokMenujuWBBM

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

© Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Solok

Jl. Raya Koto Baru No.km.5, Koto Baru, Kec. Kubung, Kab. Solok, Sumatera Barat 27362
Tel: 0755-21632 Fax: 0755-20501

 

IKUTI KAMI

 

MOTO LAYANAN
 

 


       

 

Search