BIMTEK PILOTING SAKTI TAHAP IIIC TAHUN 2018
- Latar Belakang
Sehubungan dengan surat Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan Nomor S-3777/PB.8/2018 tanggal 25 April 2018 hal Penyampaian Bahan Komunikasi SAKTI (File Flyer dan Standing Banner SAKTI), maka telah dilakukan persiapan pelaksanaan Piloting Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) Tahap IIIC pada seluruh kantor vertikal Ditjen Pajak dan Ditjen Bea dan Cukai, dan untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan implementasi SAKTI Tahap IIIC, maka KPPN Sukabumi telah melaksanakan Bimtek Piloting Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) Tahap IIIC kepada para satuan kerja mitra kerja KPPN Sukabumi khususnya KPP Pratama Sukabumi, KPP Pratama Cianjur dan KP2KP Palabuhanratu. Upaya ini dilakukan agar pada saat penerapan aplikasi SAKTI Tahun 2018, para satuan kerja khususnya Ditjen Pajak setidaknya sudah memiliki gambaran terkait aplikasi SAKTI ini.
Tujuan Bimtek
- Adapun yang menjadi tujuan diadakannya bimtek ini adalah dalam rangka menyampaikan bahan publikasi dan komunikasi dalam bentuk bimbingan teknis Aplikasi SAKTI kepada para satuan kerja khususnya KPP Pratama Sukabumi, KPP Pratama Cianjur dan KP2KP Palabuhanratu yang merupakan mitra kerja KPPN Sukabumi.
- Para satuan kerja sebelumnya telah menerima modul dan installer SAKTI dengan mengunduh sendiri melalui ftp://10.100.88.42
- Para Satuan Kerja bisa praktek langsung bagaimana menginstall Aplikasi SAKTI dan transaksi pada Aplikasi SAKTi
Pelaksanaan Bimtek
Dalam rangka mencapai tujuan di atas, maka KPPN Sukabumi melaksanakan Bimtek Piloting Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) Tahap IIIC kepada para satuan kerja khususnya KPP Pratama Sukabumi, KPP Pratama Cianjur dan KP2KP Palabuhanratu, dengan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
- Pembukaan oleh Ketua panitia ( Kepala Seksi MSKI)
- Sambutan oleh Kepala KPPN Sukabumi ( Ibu Sofia Rita Diana)
- Doa Oleh Kasubbag Umum KPPN Sukabumi
- Penyampaian materi Modul Admin disampaikan oleh Heriyanto dan Nur Awalina ( Pelaksana Subbag Umum dan TMR)
Narasumber
- Kepala KPPN Sukabumi
- Heriyanto (Pelaksana Subbagian Umum)
- Nur Awalina (Pelaksana Subbagian Umum/Penyuluh Perbendaharaan)
- Peserta
Peserta yang diundang dalam acara Bimtek Piloting Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) Tahap IIIC adalah satuan kerja mitra kerja KPPN Sukabumi yaitu KPP Pratama Sukabumi, KPP Pratama Cianjur dan KP2KP Palabuhanratu sebanyak 3 satuan kerja dan seluruh pegawai KPPN Sukabumi.
- Pendanaan
Segala biaya terkait dengan pelaksanaan Bimtek ini dibebankan pada DIPA KPPN Sukabumi Tahun Anggaran 2017 Nomor SP-015.08.2.527230/2018 tanggal 05 Desember 2017.
- Waktu dan Tempat
Bimtek dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2018 bertempat di ruang Subbag Umum KPPN Sukabumi.
Acara Bimtek ini dilaksanakan pukul 09.00 s.d. 14.00 WIB.
- Ringkasan Pelaksanaan Kegiatan
- Sambutan dan Pembukaan
Bimtek Piloting Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) Tahap IIIC ini dibuka oleh Kepala KPPN Sukabumi, Ibu Sofia Rita Diana. Mengawali sambutannya, Kepala KPPN Sukabumi menyampaikan bahwa bimtek kali ini dilaksanakan khusus untuk satuan kerja mitra kerja KPPN Sukabumi di Ditjen Pajak. Dan bimtek ini dilaksanakan secara bertahap. Dengan harapan setelah mengikuti bimtek ini, para peserta dapat memahami secara baik penerapan aplikasi SAKTI nantinya, diharapkan pendampingan piloting SAKTI Tahap III C ini satker KPP Pratama Sukabumi, KPPN Pratama Cianjur dan KP2KP Pelabuhan Ratu bisa berhasil minimal membuat Gaji Induk Januari 2019, para peserta juga diharapkan dengan familiarisasi terhadap Aplikasi SAKTI ini lebih memahaminya.
Akhir kata Ibu Kepala KPPN Sukabumi dengan resmi membuka acara Bimtek hari itu.
- Penyampaian materi Modul Admin disampaikan oleh bapak Heriyanto pelaksana pada Subbagian Umum, dimana pada kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa Modul Administrasi adalah suatu modul yang diperuntukan bagi seorang administrator dalam mengelola data referensi, data user, user manual, dan DB SAKTI yang terdiri dari:
- User Management
- Backup / Restore Data referensi / data transaksi
- Security Management
- Pengelolaan Referensi seluruh modul
- Dokumentasi bantuan
Dimana pada kesempatan ini juga langsung praktek bagaimana satker diajarkan cara instalasi serta familiarisasi Aplikasi SAKTI, mengecek kesiapan Hardware dari masing2 satker, bagaimana cara tracking IP addres dan lain sebagainya.
- Penyampaian materi Modul Komitmen dan Bendahara kali ini disampaikan oleh ibu Nur Awalina pelaksana Subbagian Umum sekaligus penyuluh perbendaharaan. Adapun yang disampaikan oleh narasumber terkait adalah bagaimana cara merekam user Aplikasi SAKTI, upload dokumen user, dan perekaman kuitansi, perekaman SPP sampai dengan jadi SPM pada Aplikasi SAKTI.
- Penutup
Setelah seluruh rangkaian acara selesai, Kepala KPPN Sukabumi, Ibu Sofia Rita Diana menutup acara Bimtek pada pukul 14.00 WIB.
- Kesimpulan
- Dengan terlaksananya Bimtek ini, KPPN dapat mengetahui kesiapan dari para Bendahara/operator dalam hal persiapan piloting sampai perekaman User PPK,PPSPM, cara rekam pagu, UP dan menginput nota pembelian, para satuan kerja di wilayah pembayaran KPPN Sukabumi khusunya KPP Pratama Sukabumi, KPP Pratama Cianjur dan KP2KP Palabuhanratu diharapkan mampu mengikuti perubahan dari menggunakan beberapa aplikasi menjadi hanya satu aplikasi dalam proses pelaksanaan anggaran nantinya.
- Kinerja yang baik tercipta dengan adanya dukungan dan kerjasama yang baik antara KPPN Sukabumi dan para satuan kerja wilayah pembayaran KPPN Sukabumi.
- Satker dimaksud bisa mengoperasikan Aplikasi SAKTI sampai jadi SPM
- Diharapkan satker dimaksud bisa menerbitkan SPM Gaji Induk januari 2019 dengan Aplikasi SAKTI
Sukabumi, 15 Oktober 2018
Kepala KPPN Sukabumi
Sofia Rita Diana
NIP 19640107 198403 2 001