Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat Gelar Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah 2020 Secara Daring

Sebagai bukti komitmen mendorong optimalisasi penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah khususnya pada masa pandemi Covid 19. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat pada hari Selasa, 28 Juli 2020, telah menginisiasi Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2020 melalui media dalam jaringan (daring) lingkup Provinsi Jawa Barat.

Rakor ini diselenggarakan sebagai wadah sharing informasi proses bisnis dan output dari penyusunan laporan keuangan agar tercapai upaya untuk tetap mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Kegiatan yang berlangsung setengah hari ini dibuka oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat, Bapak Sahat MT Panggabean dan dihadiri oleh 37 peserta meliputi 28 Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota di wilayah kerja Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat. Dalam sambutannya Kepala kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat, Bapak Sahat MT Panggabean menyampaikan apresiasi kepada seluruh Pemda di Jawa Barat, baik Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang telah bekerja keras menyusun laporan keuangan sehingga dapat meraih predikat Opini WTP atas LKPD Tahun 2019 yang telah dikeluarkan oleh BPK RI . Hal ini menunjukkan adanya fakta perbaikan kualitas dan status LKPD tersebut yang menggambarkan secara umum bahwa pengelolaan keuangan pemerintah daerah telah sesuai dengan tata kelola yang baik dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, sehingga hal ini tentunya akan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dalam pengelolaan keuangan negara.

Bertindak sebagai narasumber Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Bapak Setiawan Wangsaatmadja, yang menjelaskan tentang Kiat-Kiat Mempertahankan Opini WTP atas LKPD serta narasumber Kepala Seksi Dukungan Implementasi Standar Akuntansi Lingkungan Pemda Direktorat APK ,Bapak Ferry Taufik saleh yang memaparkan tentang WTP yang Berbudaya dan Penyusunan LKPD Pasca Terbitnya PP Nomor 12 Tahun 2019. Dalam diskusi yang berlangsung hangat, para peserta rakor menyampaikan berbagai pertanyaan maupun sharing terkait persiapan penyusunan Laporan Keuangan Daerah Tahun 2020.

Kontributor : Geris Berlina

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search