LAPORAN KINERJA KPPN BALIGE TAHUN 2023
Laporan Kinerja Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Balige tahun 2023 disusun sebagai bentuk perwujudan pertanggungjawaban pelaksanaan kinerja dalam mencapai sasaran strategis yang telah ditetapkan dalam Kontrak Kinerja 2023 dan sebagai kewajiban organisasi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Balige untuk memenuhi amanat Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Reviu Atas Laporan Kinerja.
Pada tahun 2023, KPPN Balige telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya hingga menghasilkan capaian kinerja yang optimal sebagaimana dimuat dalam Perjanjian Kinerja Tahun 2023. Capaian Nilai Kinerja Organisasi KPPN Balige Tahun 2023 sebesar 112,31 menunjukan bahwa kinerja KPPN Balige telah dapat mencapai target yang ditentukan sebagaimana tertuang dalam perjanjian kinerja Tahun 2023.
Pencapaian kinerja KPPN Balige pada tahun 2023 dapat dilihat dari pencapaian indikator- indikator sebagai berikut:
- Perbendaharaan Negara yang optimal dan akuntabel
- Nilai kinerja pelaksanaan anggaran K/L, terealisasi sebesar 94.17 dari target sebesar 90
- Indeks kualitas LK Kuasa BUN KPPN, terealisasi sebesar 4 dari target sebesar 3
- Dukungan manajemen yang efektif
- Indeks kepuasan satker terhadap layanan KPPN, terealisasi sebesar 4,97 dari target sebesar 4,66
- Komunikasi, edukasi, dan standardisasi yang berkesinambungan
- Persentase tingkat implementasi standardisasi kompetensi pejabat perbendaharaan, terealisasi sebesar 93% dari target sebesar 93%
- Tingkat efektivitas edukasi di bidang pengelolaan perbendaharaan, terealisasi sebesar 95.87 dari target sebesar 89
- Pengelolaan pengeluaran negara yang prudent, efektif, dan efisien
- Persentase akurasi perencanaan kas, terealisasi sebesar 96.57% dari target sebesar 80%
- Tingkat kualitas penyelesaian SP2D, terealisasi sebesar 5 dari target sebesar 3
- Pelaksanaan anggaran yang optimal
- Nilai kinerja penyaluran Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa, terealisasi sebesar 99,38 dari target sebesar 90
- Indeks kualitas implementasi Digipay, terealisasi sebesar 3,93 dari target sebesar 3,10
- Pertanggungjawaban keuangan negara yang transparan dan akuntabel
- Indeks Kualitas Pelaksanaan Rekonsiliasi Tingkat UAKPA, terealisasi sebesar 4 dari target sebesar 3,25
- Indeks kualitas Laporan Pertanggungjawaban Bendahara K/L, terealisasi sebesar 4 dari target sebesar 3
- Penguatan tata kelola dan budaya kerja Kemenkeu Satu dalam ekosistem kolaboratif
- Tingkat implementasi penajaman tugas Treasury dan Financial Advisory, terealisasi sebesar 100 dari target sebesar 80
- Organisasi dan SDM yang unggul dan adaptif
- Tingkat kualitas pengelolaan kinerja berbasis Strategy Focused Organization, terealisasi sebesar 89,77 dari target sebesar 85
- Tingkat Implementasi Learning Organization, terealisasi sebesar 100 dari target sebesar 85
- Nilai hasil evaluasi pelaksanaan tugas kepatuhan internal, terealisasi sebesar 97.06 dari target sebesar 86
- Penguatan pengelolaan keuangan dan BMN yang optimal
- Persentase kualitas pelaksanaan anggaran KPPN, terealisasi sebesar 96,21% dari target sebesar 95,5%
- Nilai kualitas LK tingkat UAKPA dan UAKPB, terealisasi sebesar 95,15 dari target sebesar 84
- Persentase kualitas pengelolaan BMN dan Pengadaan, terealisasi sebesar 120% dari target sebesar 100%
KPPN Balige akan terus berupaya untuk mengawal setiap indikator kinerja dan menghasilkan strategi-strategi terbaik demi perbaikan dan peningkatan kinerja pada tahun mendatang. Semua kebijakan dalam pencapaian target kinerja selalu dikoordinasikan dan dijalankan dengan penuh tanggung jawab.
LAKIN dapat diunduh di link berikut