Berita

Seputar KPPN Denpasar

Langkah menuju SAKTI

Jam menunjukkan pukul 2 siang dan Ifan harus buru-buru membuat SPP GUP Tunai. Tetapi Ifan tidak lagi khawatir seperti dahulu, kini proses transaksi yang biasa dia lakukan, cukup menggunakan satu aplikasi saja, yaitu SAKTI.

Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi atau yang biasa disebut dengan SAKTI merupakan sebuah aplikasi yang mengintegrasikan seluruh aplikasi yang telah digunakan sebelumnya oleh K/L dari Level Satker, Wilayah, Eselon 1 dan Kementerian. Aplikasi SAKTI ini memiliki konsep single database dan ber-interface langsung dengan SPAN pada tiap tahap siklus anggaran. SAKTI dapat melaksanakan seluruh fungsi utama penganggaran, pelaksanaan dan pertanggungjawaban anggaran.

Terdapat 9 (sembilan) modul pada SAKTI yang menggantikan penggunaan aplikasi eksisting pada satuan kerja. Modul-modul tersebut antara lain:
Modul Administrasi

Suatu modul yang diperuntukan bagi seorang administrator dalam mengelola konfigurasi sistem, akun pengguna, hak akses, dan update referensi.

Modul Penganggaran
Modul Komitmen
Modul Pembayaran
Modul Bendahara
Modul Aset Tetap
Modul Persediaan
Modul Piutang
Modul GLP

Untuk menjamin kelancaran dan kemananan pada modul SAKTI, diperlukan manajemen user yang jelas serta konsep pengamanan terhadap proses-proses yang dilaksanakan pada SAKTI. Pada manajemen user, diterapkan konsep maker, checker, dan approval untuk mewujudkan mekanisme check and balance. Mekanisme tersebut diperlukan untuk menjaga kontrol dan tanggung jawab yang dipegang oleh masing-masing user.
Sementara itu, untuk mengamankan transaksi elektronik, dilakukan penerapan OTP (One Time Password) SAKTI. Setiap proses validasi dan approval transaksi, maka pengguna akan diminta untuk memasukkan OTP dengan bertujuan bahwa transaksi tersebut dilakukan oleh user yang berwenang.
Dalam rangka implementasi seluruh modul SAKTI bagi 76 kementerian dan lembaga, maka perlu dilaksanakan Focus Group Discussion kepada satan kerja mitra kerja KPPN Denpasar  untuk membahas kesiapan serta menjaring informasi terkait kendala yang dihadapi oleh satker. KPPN Denpasar telah mengundang beberapa satker kementerian dan lembaga yang termasuk kategori Mega (K/L yang memiliki banyak instansi vertikal di daerah) pada tanggal 19 s.d. 21 Mei 2021 yang berlokasi di Aula Gedung Keuangan Negara I Denpasar. FGD tersebut membahas tentang kesiapan sumber daya manusia dan infrastruktur satker untuk dapat mendukung implementasi SAKTI. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dan persiapan yang matang, implementasi SAKTI Full Module dapat berjalan lancar dan sukses.

Penulis: Gede Surya Sasmita

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Email: kepatuhan.internal037@gmail.com
Telepon/SMS  : 08113999037
   

Search