Berita

Seputar KPPN Denpasar

Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Bersama Walikota Denpasar

Kantor Walikota Denpasar -  KPPN Denpasar sebagai salah satu unit kerja vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan  terus melakukan upaya-upaya untuk memberikan pelayanan yang prima dan optimal kepada mitra kerja KPPN Denpasar. Salah satu bentuk peningkatan pelayanan publik yang dilakukan oleh KPPN Denpasar yakni pembangunan zona integritas.  Menururt Plt. Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Jufri Rahman di tahun 2020 lalu, Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM merupakan langkah akselerasi guna mencapai sasaran reformasi birokrasi. Secara umum, targetnya adalah peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), serta peningkatan pelayanan publik. Setiap instansi pemerintah diwajibkan membangun percontohan (pilot project) pelaksanaan reformasi birokrasi pada tingkat unit kerja melalui pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM.

KPPN Denpasar sendiri telah berhasil mendapatkan predikat WBK di tahun 2019, yang mana sebelum meraih predikat tersebut KPPN Denpasar telah melalui pengujian apakah telah memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Di tahun 2020, KPPN Denpasar kembali melanjutkan pembangunana zona integritas dengan mengikuti penilaian untuk menjadi unit kerja berpredikat WBBM dengan tujuan untuk menjadikan KPPN Denpasar sebagai unit kerja yang dapat memberikan pelayanan primadan bebas dari praktik KKN dalam bentuk apapun. Namun di tahun tersebut, KPPN Denpasar masih belum dapat meraih predikat WBBM dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Hal ini tidak membuat KPPN Denpasar berhenti untuk menjalankan komitmen dalam meningkatan pelayanan publik dan membangun zona integritas. Sehingga di tahun 2021 ini KPPN Denpasar kembali berusaha untuk meraih predikat WBBM. Dalam pembangunan zona integritas, KPPN Denpasar tidak bisa mewujudkannya secara sendiri. Perlu adanya kerja sama dan dukungan dari pihak eksternal untuk membangun “island of integrity” yang luas.

Sehingga pada hari Senin, 17 Mei 2021, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Denpasar, Ibu Sri Martini dan Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi, Bapak Nengah Santi melakukan silaturahmi dengan Walikota Denpasar, Bapak I Gusti Ngurah Jaya Negara. Pada kesempatan ini, Kepala KPPN Denpasar menyampaikan permohonan dukungan terkait pembangunan zona integritas kepada Walikota Denpasar yang didampingi oleh Kepala BPKAD Kota Denpasar, I Made Pasek Mandira. Kepala KPPN Denpasar juga menambahkan bahwa pelaksanaan tugas dan kerja sama dengan BPKAD Kota Denpasar selama ini telah berjalan baik dan berharap bahwa dengan adanya kunjungan ini, dapat meningkatan sinergi/koordinasi yang lebih baik lagi untuk mewujudkan kelancaran penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa maupun tugas-tugas lainnya

Walikota Denpasar, Bapak I Gusti Ngurah Jaya Negara kemudian menyampaikan ketersediaan beliau beserta jajaran dalam membantu untuk mendukung implementasi pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM yang telah dilaksanakan oleh KPPN Denpasar.

Semoga dengan adanya dukungan dan kerja sama dari Walikota Dnepasar, KPPN Denpasar dapat meraih predikat WBBM dan membangun zona integritas bersama dengan mitra kerja KPPN Denpasar.

Penulis: Ines Salsabila

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Email: kepatuhan.internal037@gmail.com
Telepon/SMS  : 08113999037
   

Search